Cara Ampuh Biar Mobil Anda Tidak Berkarat

Karat pada bodi mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Karat dan keropos merupakan momok yang menakutkan bagi para pemilik kendaraan, tak terkecuali roda empat. Umumnya masalah ini terjadi karena perawatan yang kurang dilakukan atau kendaraan yang memang sudah dimakan usia.

Karat pada mobil bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah karena sering dikendarai di bawah hujan dan tidak segera dicuci. Penyebab lain bisa karena rendaman garam, debu, kelembaban atau bisa juga karena bahan kimia di bagian bawah atau frame kendaraan Anda.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Bagian bodi mobil yang terkelupas, tergores dan lain sebagainya karena disebabkan oleh gesekan benda keras atau benturan bisa juga menyebabkan karat.

Meskipun mobil pada lapisan bodi dan rangkanya sudah dilapisi oleh anti-karat, namun lapisan ini tidak akan tahan lama jika Anda tidak merawat mobil agar terhindar dari karat.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah karat pada mobil Anda? Berikut caranya, seperti yang dilansir AstraWorld dan situs resmi Toyota, Kamis 10 Maret 2016.

Pertama adalah berusaha untuk tidak parkir kendaraan di tempat lembab, bila ada bagian mobil yang mengalami luka berat atau parah, misalnya pada bagian berbahan logam maka sebaiknya hindari parkir di tempat yang lembab.

Hal ini karena unsur udara yang lembab bisa membuat mobil sangat mudah menjadi media bagi tumbuh kembangnya bakteri karat. Kemudian mempercepat tumbuhnya karat pada bagian tersebut.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Pelindung Karat

Tips berikutnya adalah menggunakan pelindung karat pada bagian-bagian tertentu dari mobil yang memang sering terkena air atau kotoran.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Memang beberapa produsen mobil sudah melapisi mobil dengan anti-karat pada saat stamping atau pencetakan bodi mobil, namun lapisan anti karat tersebut akan semakin menurun seiring berjalannya waktu.

Untuk itulah, disarankan untuk melapisi mobil dengan cairan anti-karat lagi supaya lebih tahan terhadap serangan karat.

Kini sudah banyak diler-diler resmi pabrikan otomotif yang menawarkan jasa pelapisan anti-karat pada mobil dengan harga yang cukup terjangkau tergantung jenis mobil yang ingin dilapisi. (ren)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016