Mesin Nyala Saat Parkir Lama? Ini Bahayanya Anda Harus Tahu

Mobil parkir.
Sumber :

VIVA.co.id – Di beberapa tempat, khususnya area parkir, sering kita temui mobil yang diparkir, namun mesinnya tetap dinyalakan.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Tak jarang, mesin tetap menyala dalam waktu yang cukup lama, karena pengemudi atau penumpang di dalamnya sedang menunggu.

Tujuan mesin dinyalakan agar pendingin kabin tetap dapat berhembus, sehingga orang yang berada di dalam mobil tetap merasa nyaman selama menunggu.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Umumnya, pengendara hanya menyadari kerugian terus menyalakan mesin saat mobil di parkir hanya dari sisi pemborosan bahan bakar.

Padahal, kenyataannya lebih dari itu. Terutama pada mobil yang memenuhi syarat emisi minimal Euro2, yang telah dilengkapi dengan catalytic converter.

Foto Modifikasi Keren, Harley-Davidson Bergaya Yakuza

Dilansir dari Astraworld, Rabu 23 Maret 2016, jika terlalu panas, komponen yang berfungsi sebagai alat penurun emisi gas buang ini tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Bahkan, catalytic converter yang terlalu panas dapat memicu kebakaran, jika berada di dekat bahan-bahan yang mudah terbakar.

Secara teknis, sebenarnya pemanasan suhu pada catalytic converter memang disengaja. Itu sebabnya, komponen ini ditempatkan setelah exhaust manifold, agar terkena imbas dari gas buang mesin yang panas.

Pada saat panas itulah, catalytic converter dapat berfungsi sebagai katalis dalam mereduksi gas buang, seperti hidrokarbon, karbonmonoksida dan nitrogen oksida.

Meskipun bekerja saat panas, suhu pada catalytic converter tidak boleh melebihi ambang batas yang telah ditentukan, yakni sekitar 400-500 derajat Celcius.

Suhu komponen ini akan terjaga dengan adanya hembusan angin saat mobil berjalan. Itu sebabnya, jika mesin ber-catalytic converter dipanaskan dalam waktu lama pada kondisi mobil berhenti atau parkir, kenaikan suhunya akan melebihi ambang batas aman.

Agar suhu catalytic converter tidak memanas melebihi ambang batas, gunakan mobil sesuai buku panduan. Di buku panduan tercantum keterangan, jangan memanaskan mesin atau menghidupkan kendaraan dalam kondisi diam lebih dari 20 menit.

Selain itu, sebaiknya tidak berhenti dan memarkir kendaraan di atas benda yang mudah terbakar, seperti rumput, tumpukan daun kering dan kertas. Akan lebih baik pula, jika Anda sedang menunggu, matikan mesin dan carilah tempat yang nyaman di luar mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya