Segera Tepikan Mobil Jika Tiga Gejala Ini Muncul Bersamaan

Ilustrasi mesin mobil overheat.
Sumber :
  • Autogook

VIVA.co.id – Fan belt atau tali kipas adalah salah satu komponen mesin mobil yang berfungsi memutar kompresor penyejuk udara, power steering, pompa air, alternator, dan kipas pendingin.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Beberapa mobil tidak menggunakan fan belt untuk memutar power steering dan kipas radiator, melainkan memakai motor yang digerakkan tenaga listrik. Dengan demikian, beban mesin berkurang dan akan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Dilansir Astraworld, Kamis 24 Maret 2016, tali kipas perlu diganti secara berkala, terutama jika terlihat retak-retak pada permukaannya.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Jika kondisinya retak atau sobek, meskipun sedikit, sebaiknya segera diganti, supaya tidak putus saat mobil berjalan. Pada saat perawatan berkala, mekanik akan melakukan pengecekan kondisi  tali kipas.

Jika tali kipas yang memutar kipas pendingin radiator atau pompa air putus, maka akan mengakibatkan overheating. Ini bisa dilihat dari naiknya jarum penunjuk suhu mesin di dasbor.

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Selain itu, hembusan penyejuk udara akan terasa panas, karena tidak adanya proses pendinginan freon AC di evaporator, yang juga dilakukan oleh kipas pendingin radiator.

Dampak lainnya adalah menyalanya gambar baterai pada dasbor, karena alternator tidak bekerja, sehingga tidak ada suplai listrik ke mobil.

Jika gejala di atas terjadi secara bersamaan saat mobil dijalankan,  kemungkinan tali kipas sudah putus. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah usahakan segera menepi ke tempat yang aman.

Kemudian, matikan mesin mobil. Jangan menghidupkan mesin lagi, karena akan menguras cadangan listrik yang ada pada aki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya