Panduan Mudah Bikin Mobil Transmisi Manual Jadi Matik

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id - Dewasa ini, banyak pemilik kendaraan bertransmisi manual yang iri dengan kendaraan bertransmisi matik. Hal itu beralasan, karena mobil matik tak perlu repot-repot memindahkan gigi kala macet melanda, cukup stop and go atau dengan gas dan rem, mobil dapat melaju sesuai keinginan.

Namun jangan berkecil hati jika Anda menginginkan mobil bertransmisi matik, Anda tak perlu repot-repot menjual mobil manual untuk ditukarkan dengan mobil matik. Karena, kini tren mengganti sistem transmisi manual menjadi matik sudah marak di kalangan modifikator.

Bahkan, kini sudah banyak bengkel atau toko aksesori aftermarket yang menawarkan penggantian unit transmisi secara utuh lengkap dengan unit transmisi otomatis limpahan junkyard dari Singapura yang masuk ke Indonesia.

Cara Mudah Punya Mobil Matik Bekas

Namun, seperti dilansir situs resmi Toyota, Rabu, 30 Maret 2016, penggantian transmisi manual ke matik ini bisa saja membuat Anda kurang nyaman karena terbiasa dengan akselerasi cepat ketika menggunakan transmisi manual.

Selain itu, jika tetap menginginkan akselerasi secepat manual dengan mengubah sistem transmisi menjadi otomatis, maka akan banyak yang harus diubah termasuk mesin mobil. Hal inilah yang bisa membuat biaya pergantian menjadi semakin mahal.

Alternatif lainnya adalah dengan memiliki produk yang ditawarkan beberapa produsen transmisi aftermarket yang mengutamakan kenyamanan tanpa mengurangi akselerasi secepat manual. Produk-produk semacam ini memiliki cara kerja yang simpel, yakni hanya dengan memindahkan fungsi kopling secara elektrik. Sedangkan cara kerja transmisi sendiri masih manual.

Keuntungan dari menggunakan produk aftermakert semacam ini adalah meski masuk gigi satu dan pedal gas tidak ditekan, mesin mobil tidak akan loncat lalu mati. Nah, cobalah cari produk-produk berjenis auto clutch, supaya segera bisa merasakan mobil bertansmisi matik tanpa harus membeli mobil baru.

Ilustrasi mobil matik.

4 Ciri Transmisi Matik Mobil Mulai Rusak

Ada empat ciri yang bisa menjadi penanda bahwa mobil matik sudah mulai rusak dan harus segera diperiksa di bengkel.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2022