Tips Otomotif

Mengenal Fungsi Cruise Control Pada Mobil, Jarang yang Tahu

Ilustrasi. Mengemudi.
Sumber :
  • kusukkasak.com

VIVA.co.id – Meski memiliki sebuah mobil, terkadang banyak pula pemilik yang tidak mengetahui fungsi fitur pada kendaraan yang dimilikinya. Salah satunya adalah cruise control, merupakan salah satu teknologi anyar yang kini mulai banyak diperkenalkan para produsen mobil.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Lalu apa sebenarnya cruise control ini? Cruise control bisa dikatakan sebagai sebuah teknologi yang mampu memberikan pengemudi kebebasan dalam mengendarai mobil pada kecepatan stabil. Hebatnya, pengemudi tersebut tidak perlu menekan pedal gas secara terus-menerus. Teknologi ini juga sering disebut sebagai speed control, autocruise dan lain sebagainya.

Jika pengemudi kendaraan tersebut ingin mengemudikan mobil dengan kecepatan konstan, maka pengemudi harus melarikan mobil pada kecepatan yang diinginkannya dan kemudian mengaktifkan fungsi cruise control yang ada di dalam mobil.

Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

Dilansir situs resmi Toyota, Jumat, 1 April 2016, sistem ini sendiri bisa dioperasikan melalui tombol dan jika sudah diaktifkan maka pengemudi sudah tidak perlu lagi untuk menekan pedal gas dengan kakinya. Perlu diketahui jika fitur ini tidak bisa aktif jika mobil melaju pada kecepatan di bawah 40 kilometer per jam.

Lalu, kapan kira-kira fitur ini tidak boleh digunakan? Ternyata, fitur cruise control tidak bisa digunakan pada jalanan dengan banyak tikungan, tanjakan dan turunan. Hal ini karena medan jalan tersebut membutuhkan banyak pengereman yang akan menonaktifkan sistem cruise control. Artinya, fitur cruise control ini kurang cocok jika digunakan di dalam perkotaan yang padat akan kendaraan dan sering terkena macet.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Bahkan di negara dengan empat musim, fitur ini tidak boleh digunakan karena mobil bisa berisiko selip dan kehilangan traksi. Jadi, bagi Anda yang memiliki mobil dengan teknologi ini, harus mengetahui dengan tepat kapan dan dimana bisa menggunakannya. Karena jika tidak, maka bisa menimbulkan bahaya.

Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024