Pahami 'Hak Fidusia' Sebelum Kendaraan Ditarik Penagih Utang

Ilustrasi kredit
Sumber :
  • duitpintar.com

VIVA.co.id - Layanan kredit kendaraan bermotor tampak membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi. Namun, ada beberapa 'rambu' yang perlu Anda ketahui sebelum mengambil kredit yang tepat.

Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah jaminan Fidusia. Kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan jaminan Fidusia seperti diatur dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 disebutkan dapat ditarik pihak kreditur tanpa memakai jasa debt collector alias penagih utang.

DP Nol Persen, Kredit Kendaraan Bakal Lebih Susah

Dengan adanya jaminan Fidusia, kreditur tak akan semena-mena ditarik kendaraannya oleh debt collector. Pihak leasing nantinya menarik kendaraan bermotor yang wanprestasi, tanpa memakai intimidasi juga.

Menurut Director Chief Sales and Distribution Adira Finance, Hafid Hadeli, seluruh kendaraan yang menggunakan jasa pembiayaan dari perusahaannya menggunakan jaminan Fidusia.

"Hak Fidusia itu mulai berlaku setelah krisis tahun 1998, dikeluarkan jaminan fidusia sebenarnya untuk memproteksi. Kita masih menggunakan. Sebenarnya perjanjian kredit itu untuk proteksi kita dan ada ketentuan yang mengatur itu," ungkapnya kepada VIVA.co.id, baru-baru ini.

Dijelaskan, jaminan Fidusia adalah perjanjian utang-piutang antara kreditur dan debitur yang melibatkan penjaminan yang kedudukannya tetap dalam penguasaan pemilik jaminan. Jaminan ini harus dibuatkan Akta Notaris untuk didaftarkan ke kantor pendaftaran Fidusia.

Saat ini, memang banyak pihak leasing yang enggan memberikan jaminan Fidusia. Alasannya, karena mereka harus menanggung biaya pembuatan Fidusia yang bisa mencapai Rp1 juta per kendaraan.

Karena tidak ada jaminan Fidusia, pihak leasing seharusnya tidak punya hak eksekusi langsung terhadap objek yang dijaminkan. Hafid menegaskan apabila terjadi penarikan kendaraan, pihaknya akan melakukan secara baik-baik dan sopan.

"Masih ada penarikan untuk kendaraan yang tidak bisa dibayarkan. Penarikan biasanya dilakukan karyawan kita tapi bisa juga partner dari PT lain. Penarikan itu pokoknya jadi solusi terakhir. Kalau enggak pakai jaminan Fidusia saya kurang tahu ya, tapi yang pasti kami di sini menjalankan sistem sesuai peraturan," kata dia. (ren)

Nissan Tak Yakin dengan Cicilan Tanpa Uang Muka
Penyerahan All New Toyota Sienta kepada konsumen di Semarang.

Kepincut Mobil Sienta? Ini Daftar Lengkap Cicilannya

Memiliki bodi bongsor yang dipercantik sehingga tampil elegan.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016