Ingin Ban Mobil Awet? Lakukan Hal Mudah Ini

Pasang ban mobil
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Ban tak dipungkiri menjadi bagian vital dari sebuah kendaraan. Terlebih, komponen ini merupakan satu-satunya yang bersentuhan langsung dengan aspal. Namun tentu sering kita temui kondisi ban yang botak tak merata. Apakah ganti ban jadi satu-satunya solusi?

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Memang masih ada persepsi yang terjadi di tengah masyarakat. Banyak pengendara yang merasa keawetan empat ban mobil akan sama saja karena digunakan diwaktu bersamaan. Padahal, kadar keausan dari ban sangat berbeda satu dengan yang lainnya.

Ada bagian ban yang lebih cepat botak dan ada pula yang karetnya masih cukup tebal sehingga tidak perlu diganti dengan segera. Jika menemukan kondisi ban yang botak, jangan terburu-buru menggantinya dengan yang baru.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Rotasi ban bisa menjadi solusi mudah agar bisa memperpanjang usia pakai ban mobil. Anda sebagai pengguna kendaraan roda empat bisa melakukan rotasi dengan dua cara yakni empat ban atau lima ban (ditambah dengan ban serep).

Akan tetapi, seperti yang dilansir situs resmi Toyota, Senin 4 April 2016, merotasi ban ini tidak boleh sembarangan dilakukan dan tidak boleh asal tukar. Ada aturan yang harus diikuti supaya daya tahan ban jadi makin maksimal.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Untuk merotasi ban mobil Anda bisa dilakukan dengan sistem menyilang (diagonal). Anda bisa menukar posisi ban roda depan kiri ke roda belakang sebelah kanan dan sebaliknya. Nah, untuk roda depan kanan bisa dirotasi ke roda belakang sebelah kiri dan sebaliknya. Rotasi dengan sistem ini bisa Anda lakukan hanya jika ban mobil cadangan memilki ukuran atau juga desain pelek berbeda dengan ban utamanya.

Sedangkan untuk merotasi ban menggunakan lima ban juga bisa dilakukan dengan sistem menyilang. Namun proses ini melibatkan ban cadangan sebagai pengganti dari ban belakang mobil Anda. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengganti ban cadangan ke ban belakang sebelah kiri dan ban belakang sebelah kiri dirotasi ke ban depan sebelah kanan.

Sedangkan untuk ban sebelah kanan depan diistirahatkan menjadi ban cadangan dan untuk ban depan sebelah kiri dirotasi ke ban belakang sebelah kanan begitu juga sebaliknya Nah, cukup simpel bukan? Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya