Mobil Jarang Digunakan Tetap Perlu Rutin Ganti Oli, Kenapa?

Ilustrasi memeriksa kondisi oli mobil.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id – Kebanyakan pengendara akan sangat menjaga performa kendaraan mereka jika sering digunakan. Salah satunya dengan melakukan servis rutin. Nah, bagaimana dengan mobil yang jarang digunakan? Apakah tak perlu servis dan ganti oli secara rutin?

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Di Jakarta yang sehari-hari selalu akrab dengan kemacetan, beberapa pemilik mobil lebih memilih menggunakan angkutan umum seperti kereta atau bus untuk mengantarnya beraktivitas. Mereka hanya menggunakan mobil pada saat libur akhir pekan.

Seperti yang dilansir situs resmi Toyota, Senin, 4 April 2016, ternyata mobil yang jarang digunakan juga harus tetap diservis secara rutin. Ironisnya, saat ini masih banyak pemilik mobil yang malas melakukan servis rutin karena alasan jarang menggunakan kendaraannya.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Padahal, sama halnya dengan mobil yang sering dipakai, mobil yang jarang digunakan juga membutuhkan servis. Hal ini tentu saja jika Anda ingin mobil yang jarang Anda gunakan tetap dapat bekerja dengan baik jika sewaktu-waktu Anda menggunakannya.

Salah satu perawatan yang harus Anda lakukan jika ingin mobil yang jarang Anda gunakan untuk tetap dalam kondisi baik adalah dengan ganti oli. Meskipun tidak digunakan, oli dapat tetap terkontaminasi dengan unsur lain seperti air.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Oli mobil yang terkontaminasi dapat mengurangi kualitas pelumas. Oleh karena itu ada baiknya Anda tetap mengecek jadwal servis berkala pada mobil Anda yang jarang digunakan, atau setidaknya melakukan ganti oli yang rutin. (ms)

Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024