Toyota Siap Pamerkan Mobil Kayu Tenaga Listrik

Mobil kayu dari Toyota, Setsuna EV Concept
Sumber :
  • carscoops

VIVA.co.id – Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota, siap memberikan kejutan dengan menampilkan rancangan mobil unik terbarunya. Toyota akan memamerkan mobil kayu yang disebutnya Setsuna EV Concept.

Begini Wujud Toyota Calya, Adik Avanza yang Siap Meluncur

Setsuna EV Concept, merupakan sebuah mobil yang terbuat dari bahan kayu serta dibenamkan daya listrik sebagai penggeraknya. Mobil ini akan pertama kali ditampilkan ke hadapan publik di acara Milan Design Week yang berlangsung pada 12-17 April 2016.

Dilansir Carscoops, Senin, 4 April 2016, untuk membuat Setsuna EV Concept, Toyota menggandeng perusahaan Sumitomo Forestry, yang memiliki tenaga ahli dalam hal kontruksi berbahan kayu.

Hidupkan Mobil Legendaris, Toyota Gandeng BMW

Perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis kayu ini juga sangat berperan penting sejak awal pengembangan Setsuna EV Concept. Pasalnya mereka yang menentukan kayu jenis apa yang cocok digunakan untuk membuat sebuah mobil.

Menurt insinyur yang bertanggung jawab untuk Setsuna, Kenji Tsuji, karena kayu sebagai bahan utama, banyak waktu yang dihabiskan untuk menuangkan semua ide agar menciptakan prototipe lalu mengevaluasinya, sehingga mobil memiliki kinerja mumpuni saat dikendarai dan memberikan kenyamanan.

Jadi Surganya Mobil Listrik, Norwegia Tuai Pujian

"Dengan menampilkan Setsuna, diharapkan kami dapat menerima berbagai masukan. Kami percaya bahwa kami dapat lebih meningkatkan mobil konsep ini," ungkap Kenji.

Toyota mengklaim, untuk membuat Setsuna EV consep timnya menggunakan teknik tradisional Jepang, termasuk okuriari, yang memungkinkan menyatukan berbagai panel tanpa menggunakan paku. Sebaliknya, untuk menyatukan bagian sendi dalam bingkai mobil, caranya disatukan dengan pasak. Cara ini pun diakui tetap aman.

Selain material kayu, Toyota juga menggunakan bahan aluminium yang terdapat pada bagian roda, roda kemudi dan frame pada bagian kursi, sehingga menciptakan kontras visual dengan struktur kayu.

Yang membuat mobil ini tampak berbeda lainnya, Setsuna tidak hanya dilengkapi panel yang mengingatkan jam dan menit tetapi juga tahun. Hal ini dilakukan sebagai tanda mobil memiliki status special.

Karena terbuat dari kayu, kemungkinan mobil ini sewaktu-waktu akan berubah secara perlahan dan menekuk serta melengkung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya