Ganti Kampas Rem Tak Tergantung Lama Penggunaan, Wajib Tahu

Mengganti kampas rem motor.
Sumber :
  • http://edorusyanto.wordpress.com

VIVA.co.id – Kanvas rem merupakan bagian yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Sebab, rem berfungsi untuk menghentikan kendaraan termasuk saat dalam keadaan darurat. Tentu kita sering mendengar kasus rem blong yang berujung dengan petaka.

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Karena begitu pentingnya, sebaiknya pengendara lebih memperhatikan, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem. Menurut Assistant Manager Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, mengatakan, kunci mengetahui kondisi rem adalah dengan memantau lalu lintas yang dilalui setiap hari.

"Ketika akan melakukan penggantian rem, baik belakang atau depan, tidak dapat ditentukan dengan lama waktunya, tetapi bergantung dari pemakaian. Di jalan macet tentu akan lebih boros karena lebih sering digunakan. Dan apabila akan melakukan penggantian kampas rem, dapat dilihat di indikatornya atau dari hasil pengeremannya. " ujarnya, saat dihubungi VIVA.co.id.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Ade menambahkan, bila pengendara juga harus mengganti kampas rem apabila kampas sudah mulai terasa keras. "Apabila kampas rem masih tebal dan indikator belum menunjukan harus ganti, tetapi kondisinya sudah keras, tetap harus dilakukan penggantian," jelasnya.

Selain dapat menyebabkan kecelakaan, telat mengganti kampas rem juga bisa berakibat  rusaknya komponen lain. "Pengereman kurang pakem bisa tabrakan, dan komponen lain akan rusak, karena metal yang bergesekan," kata dia.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran
Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024