Mazda Kembangkan Mesin Rotari Baru?

Mazda RX-8 Spirit R
Sumber :
  • VIVAnews/Randi Aditya

VIVA.co.id – Salah satu mesin mobil yang banyak dipakai oleh para penggila adrenalin adalah mesin tipe rotari. Mesin yang diciptakan oleh seorang insinyur Jerman, Felix Wankel, di 1929 ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mesin konvensional.

Demi Jualan ke Australia, Mobil Mazda akan Dibuat di Indonesia?

Salah satunya adalah desain yang diusung memungkinkan mesin mencapai putaran jauh lebih tinggi ketimbang mesin biasa, akibat absennya setang piston, sehingga stabilitas putaran dapat lebih baik. Tenaga yang dihasilkan dari pembakaran dapat langsung tersalur ke poros mesin, menjadikan akselerasi lebih cepat.

Sayangnya, banyak kelemahan mesin ini, seperti efisiensi bahan bakar yang lebih buruk serta sulit untuk diperbaiki. Peminatnya pun tidak begitu banyak, meski Mazda sudah berusaha menekan harga jual agar konsumen tertarik untuk membelinya.

Deretan Promo Mazda di Jakarta Auto Week 2022

Akhirnya, pada akhir 2014 silam, Mazda mengumumkan bahwa mereka menunda semua pengembangan terkait teknologi mesin rotari.

Selain masalah mesin, Mazda juga tengah dipusingkan dengan terbatasnya sumber daya untuk pengembangan tipe baru. Konsep baru SkyActiv yang tengah diusung Mazda memang banyak menyedot kas perusahaan. Konsep ini menjadi andalan satu-satunya Mazda untuk kembali bangkit di bursa otomotif dunia.

Mazda2 Generasi Baru Meluncur di Thailand dengan Fitur Berlimpah

Namun kini, seperti dilansir dari Carbuzz, Selasa, 5 April 2016, sebuah hak cipta baru-baru ini didaftarkan Mazda ke kantor pendaftaran hak cipta Amerika Serikat.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa Mazda merancang piston berputar yang dipasang pada kendaraan. Uniknya, desain mesin berbeda dengan mesin rotari zaman dulu, terutama pada posisi saluran isap dan buang bahan bakar.

Mesin rotari baru ini menempatkan saluran isap pada bagian bawah mesin dan saluran buang pada bagian atas. Pada saluran buang, hasil sisa pembakaran akan digunakan untuk memutar perangkat turbocharger.

Ini tentu menjadi kabar baik untuk mereka yang gemar balapan, karena mesin rotari turbo dapat menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar ketimbang mesin konvensional.

Selain itu, pemakaian bahan bakar juga lebih efisien. Sayangnya, belum diketahui bagaimana soal daya tahan mesin. Sekedar informasi, mobil Mazda yang memakai mesin rotari adalah RX-7 dan RX-8.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya