Cacat, Honda Jazz dan HR-V Berpotensi Terbakar

Wanita tengah selfie di samping Honda HR-V .
Sumber :
  • Honda

VIVA.co.id – Berbeda dengan zaman dahulu, produk otomotif buatan Jepang saat ini kualitasnya sudah cukup baik dan hampir bebas masalah. Itu sebabnya, jika ada produk yang harus ditarik kembali, hal itu akan tersebar dengan cepat melalui dunia maya. Seperti kasus yang baru-baru ini dialami Honda Jepang.

2 Mobil SUV Keren Siap Mengaspal di IIMS 2022

Dilansir dari Autoevolution, Rabu, 6 April 2016, pabrikan mobil Honda Jepang terpaksa menarik kembali lebih dari 164 ribu unit Fit (Jazz) dan Vezel (HR-V) yang sudah dijual ke konsumen.

Alasannya, ditemukan cacat produksi pada fitur start-stop, yang bisa menyebabkan timbulnya api. Diduga, arus listrik yang melewati sistem tersebut jumlahnya berlebih, sehingga dapat menimbulkan panas, yang berujung pada terbakarnya kendaraan.

Toyota Pamer Mobil Baru Penantang Honda Jazz

Sejauh ini, sudah ada enam unit mobil yang mengalami kebakaran akibat cacat tersebut. Pihak Honda tidak mau mengambil risiko lebih besar, sehingga mereka memutuskan untuk melakukan recall.

Unit yang harus ditarik kembali adalah Fit produksi 2013-2015 dan HR-V buatan 2013-2016.

Suzuki Baleno Baru Meluncur, Harganya Lebih Murah dari Honda Brio

Selain itu, ada 118 ribu unit Fit yang juga harus ditarik kembali karena sistem kemudi electric power steering (EPS). Ditemukan dua kasus tabrakan yang melibatkan Fit, dimana sistem EPS tiba-tiba tidak berfungsi.

Akibatnya, arah mobil menjadi sulit untuk dikendalikan. Lampu peringatan yang menunjukkan EPS tidak berfungsi juga tidak menyala di dasbor, sehingga pengemudi tidak tahu bahwa ada komponen yang rusak.

Bocoran mobil baru Toyota Glanza edisi 2022

Mobil Baru Toyota Bensinnya 22 Km per Liter

Mobil tersebut diberi garansi selama tiga tahun atau jarak 100 ribu kilometer, dan hadir dengan banyak fitur canggih.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022