Toyota Sienta Sudah Kepergok di Jalanan Indonesia

Toyota Sienta
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id - Toyota menyiapkan produk terbaru yang sedianya akan diluncurkan di Tanah Air pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, bulan ini. Mobil tersebut yakni Multi Purpose Vehicle (MPV) Toyota Sienta, yang baru kali ini melakoni debutnya di Indonesia.

Diketahui, generasi kedua dari Toyota Sienta sebelumnya diluncurkan secara eksklusif di Jepang pada Juli 2015 lalu, dan kini siap melayani kebutuhan masyarakat Indonesia. Sienta juga diketahui telah dijual di Hong Kong.

Kabar terbaru jelang debutnya, Sienta mulai kepergok tengah melintas di jalanan Indonesia. Sepertinya, mobil tersebut tengah melakukan serangkaian iklan untuk dipublikasikan di televisi swasta dan situs berbagi video.

Dilansir Indianautosblog, Rabu, 6 April 2016, tampak jelas Sienta wara-wiri di jalanan Indonesia tanpa ditutupi kamuflase sedikit pun. Tak jelas di daerah mana foto tersebut berhasil diambil.

Menurut President Director Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui, Sienta akan ditawarkan di Indonesia dengan dua model. Namun, tak dijelaskan dua model yang dimaksud, apakah tipe ataukah pilihan mesin. Dia hanya menegaskan jika Sienta akan diposisikan di atas Avanza dan di bawah Innova. Sementara di Jepang, Sienta memang ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin dan hybrid.

Di Jepang, mesin bensin Sienta juga memiliki dua model, yakni 2NR-FKE dengan kapasitas 1.5 liter yang dapat memproduksi tenaga 80 kW (107 horse power) dan torsi 111 Nm. Satu mesin bensin lainnya yakni 1NZ-FE yang dapat memproduksi tenaga 76 kW (102 horse power) dan torsi 132 Nm. Keduanya dikawinkan dengan transmisi super CVT-i gearbox.

Sedangkan sistem hybrid terdiri dari mesin bensin 1.5-liter 1NZ-FXE yang dapat mengembangkan tenaga 54 kW (72 horse power) dan torsi 111 Nm. Mesin kemudian dikawinkan dengan sebuah motor listrik yang dapat menambah tenaganya.

Sementara itu, menurut salah seorang sumber anonim yang tahu persis yang dekat dengan permasalahan ini, Toyota akan merilis empat tipe pada Sienta di Indonesia. Empat tipe tersebut yakni E, G, V dan Q.

"Harga termurahnya Rp230 juta, yang termahal Rp290 juta. Untuk rinci saya masih belum bisa sebutkan. Pokoknya harganya di atas Avanza dan di bawah Innova. Kalau untuk pemesanan sudah dibuka, dengan tanda jadi Rp5 juta," kata sumber tersebut kepada VIVA.co.id.

Toyota Sienta rencananya akan dibuat di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Mobil ini telah lebih dulu dijual di Jepang dan Hong Kong. Meski demikian, Hong Kong ternyata belum memproduksi Sienta, melainkan mendatangkannya langsung dari Jepang. Dan untuk mobil yang satu ini, Indonesia akan mendapat kehormatan untuk memproduksi sendiri.

Simak Deretan Fitur Canggih pada Sienta Welcab
New Toyota Sienta

Toyota Sienta Baru Bisa Dibawa Pulang Rp100 Jutaan

Ada diskon mencapai Rp65 juta untuk menebus Sienta baru.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2020