Mobil Diesel Dipaksa Tenggak Bensin, Apa yang Terjadi?

Mesin diesel VW.
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id – Banyak pabrikan mobil yang kini mengeluarkan sebuah produk dengan dua varian mesin yakni diesel dan bensin. Nah, yang jadi pertanyaan, bolehkah mobil dengan mesin diesel menenggak bensin untuk bahan bakarnya?

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Seperti yang dilansir situs resmi Toyota, Kamis 7 April 2016, perlu diketahui bahwa mobil diesel hanya dapat diisi bahan bakar jenis solar. Mengisi mobil diesel dengan bahan bakar bensin ternyata justru dapat berakibat buruk pada mobil.

Masalah pertama yang dapat terjadi mesin menjadi panas berlebihan. Ini karena kompresi bensin yang rendah, sekitar 10:1, dan sangat mudah terbakar. Sementara mesin diesel memiliki karakter mesin dengan kompresi tinggi mencapai 30:1 sehingga butuh bahan bakar yang lebih kental dan tidak cepat terbakar, dalam hal ini solar.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Masalah berikutnya adalah nozzle injector kotor. Akibat dari komponen nozzle injector kotor membuat mobil Anda hanya meraung keras dan tak bertenaga saat pedal gas ditekan dalam. Tak hanya itu, masalah lainnya adalah filter solar akan mudah tersumbat. Jika sudah tersumbat, tentu mesin akan mengalami ngelitik dan tarikan terasa brebet.

Masalah yang terakhir adalah fuel pump rusak. Hal ini tentu karena bahan bakar jenis bensin tidak sesuai dengan spesifikasi mesin diesel.

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

Lalu bagaimana jika tak sengaja mengisi mesin diesel dengan bensin? Jika Anda sudah tak sengaja mengisi mobil diesel Anda dengan bensin, Anda dapat meminta mekanik untuk menguras bensin di dalam tangki dan fuel pump mobil.

Kotak P3K di mobil

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda dapat membantu diri sendiri dan orang lain dalam situasi darurat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024