Indonesia Ditunjuk untuk Produksi Sienta, Ini Alasan Toyota

Toyota Sienta di IIMS 2016.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Jika beberapa perusahaan otomotif menambah produk baru dengan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV), PT Toyota Astra Motor (TAM) justru menghadirkan produk baru dalam bentuk MPV (Multi Purpose Vechile), yakni Sienta.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Produk baru yang diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 ini menambah daftar mobil Toyota yang diproduksi langsung  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang berlokasi di kawasan Industri Karawang, Jawa Barat.

Menurut Chief Engineer Toyota Sienta Hiroshi Kayukawa, Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang yang memproduksi Sienta.

Toyota Sienta Baru Segera Hadir, Lebih Mewah dan Keren

Kayukawa menyatakan, alasan Toyota Sienta dipasarkan di Indonesia, karena  segmen MPV sangat populer bagi konsumen di Tanah Air.

"Di Indonesia, MPV sangat disukai. Di Jepang juga disukai. Indonesia dan Jepang ada kemiripan. Jadi, Indonesia pertama kita pilih," ujar Kayukawa, Jumat 8 April 2016.

MPV Toyota Buatan Indonesia Ini Laris di Negara Tetangga

Meski namanya sama, namun menurut Kayukawa, beberapa spesifikasi disesuaikan permintaan pasar nasional.

Oleh karenanya, Toyota mengklaim, Sienta merupakan multi activity vehicle, dimana mobil ini disebut sebagai konsep baru dari kendaraan Toyota.

Menurut Vice President TMMIN Warih Andang Tjahjono, alasan Sienta dibuat di Indonesia tak lain karena mobil tersebut diyakini telah sesuai dengan keinginan konsumen, dalam hal ini masyarakat Indonesia.

"Model ini sudah melalui penelitian yang panjang, dan kami berharap sesuai dengan keinginan konsumen di Indonesia," ujar Warih.

Rencananya, mobil yang dijual mulai Rp230 juta hingga Rp295 juta ini baru akan diproduksi mulai akhir Juni 2016 dan didistribusikan satu bulan setelahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya