Daihatsu Ayla Tujuh Penumpang Segera Meluncur?

Daihatsu Ayla
Sumber :
  • Viva.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, dunia otomotif di Tanah Air banyak membicarakan mengenai versi terbaru dari mobil low cost green car (LCGC) buatan Toyota dan Daihatsu, yakni Agya dan Ayla.

Bisa Gak Sih Ayla Versi Lawas Didandani Seperti Model Barunya?

Kedua mobil itu disebut-sebut akan memakai bodi yang lebih panjang. Tujuannya, agar mampu menampung hingga tujuh penumpang. Hal ini dilakukan agar mereka dapat bersaing dengan Datsun, yang sudah lebih dulu menghadirkan GO+.

Kabar mengenai kehadiran Ayla tujuh penumpang semakin menguat, setelah VIVA.co.id melakukan penelusuran di laman resmi Kementerian Perindustrian, Sabtu 9 April 2016.. Dalam laman tersebut, Daihatsu baru saja mendaftarkan tipe baru B401RS-GMQFJ 1.2 (4X2) M/T.

Mau Beli Mobil LCGC Terfavorit, Ini Daftarnya

Biasanya, pabrikan otomotif akan memakai kode untuk menandai tipe terbaru yang segera mereka luncurkan. Kode B401RS sendiri mirip dengan kode yang dipakai Daihatsu saat menghadirkan Ayla pertama kali, yakni B100RS, 2012 silam.

Hal yang menarik lainnya adalah adanya angka 1.2 pada tipe tersebut. Angka ini biasa dipakai untuk menunjukkan kapasitas mesin yang bakal dipasang. Artinya, kemungkinan Ayla tujuh penumpang memakai mesin berkapasitas 1.200cc.

Mobil Terlaris Daihatsu bukan MPV atau SUV

Mesin yang lebih besar memang dibutuhkan, karena beban yang ditanggung mobil lebih besar.

Sebelumnya, Daihatsu juga sempat mendaftarkan tipe B401RA dengan nama Toyota, namun langsung dibatalkan saat itu juga.

Ada empat tipe B401RA yang didaftarkan, dua memakai transmisi manual dan dua matik. Bisa jadi, Agya terbaru bakal hadir dalam bentuk tujuh penumpang dan transmisi matik.

Mobil LCGC dengan transmisi matik memang sudah mulai dihadirkan produsen. Yang terbaru, Honda Brio Satya matik, yang peluncurannya dilakukan dua hari lalu di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Karena ini adalah pertama kali tipe tersebut didaftarkan, maka Ayla terbaru itu akan melewati proses uji tipe. Setelah pengujian selesai, Daihatsu harus mendaftar lagi ke Kementerian Perindustrian untuk izin produksi.

Artinya, waktu peluncuran mobil ini bisa mencapai 3-6 bulan lagi. Sementara mengenai tempat peluncurannya, yang paling ideal adalah pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, yang bakal berlangsung 11-21 Agustus mendatang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya