Bangga Mobilnya Lolos Uji Tabrak, Bajaj Justru Dikritik

Uji tabrak Bajaj Qute.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Euro NCAP (New Car Assessment Program) dibentuk untuk membuat standar keamanan kendaraan roda empat. Oleh mereka, mobil-mobil keluaran terbaru diuji tabrak, demi mengetahui kemampuan mobil dalam melindungi penumpangnya.

Motor Ini Paling Banyak Digondol Maling, Tidak Amankah?

Baru-baru ini, Euro NCAP melakukan uji tabrak sebuah mobil terbaru buatan Bajaj, yakni Qute. Hasilnya, mobil mungil itu mendapat peringkat satu bintang (dari total lima bintang).

Hasil tersebut, rupanya membuat Bajaj puas. Dilansir dari Rushlane, Senin 11 April 2016, perusahaan asal India itu, bahkan menjadikan hasil uji tabrak sebagai promosi produk tersebut. Bajaj, bahkan mengklaim, Qute lebih aman dibanding mobil lain yang mendapat nilai nol, di antaranya Maruti Alto dan Tata Nano.

Ada di Jakarta, Kendaraan Ini Justru Tak Diakui di Negaranya

Langkah Bajaj tersebut langsung mendapat kritik dari Euro NCAP. Mereka bahkan melayangkan kritikan ke Bajaj dalam bentuk surat, yang dikirim langsung ke Managing Director Bajaj Auto Rajiv Bajaj.

Dalam surat tersebut, Euro NCAP juga menyertakan informasi, pengujian Qute tidak bisa disamakan dengan pengujian mobil pada umumnya. Sebab, kecepatan yang digunakan untuk menguji Qute hanya 50 kilometer per jam, sementara mobil lain 64 kilometer per jam.

Kemana Larinya Bemo Usai Terdepak dari Jakarta?

Selain itu, ada beberapa parameter lain yang berbeda, sehingga skor satu bintang milik Qute tidak sama dengan satu bintang pada mobil biasa. Mereka juga menyarankan Bajaj untuk melengkapi Qute dengan sabuk pengaman yang dilengkapi dengan pretensioner dan kantung udara.

Sekadar informasi, Qute adalah mobil buatan Bajaj yang berukuran mungil, mirip dengan Tata Nano. Mesin yang digunakan berkapasitas 217cc, dan mampu menghasilkan tenaga 13 daya kuda dan torsi 19,6 Newton meter.

Kecepatan maksimalnya 70 kilometer per jam, dan mobil ini mengonsumsi bahan bakar sebanyak satu liter tiap 36 kilometer. Harga jual Qute adalah US$2.000, atau sekitar Rp26,2 juta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya