Mobil RI-1 Buatan Rusia Dipajang di IIMS 2016

ZiL 111, mobil yang pernah dipakai Soekarno.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVAcoid

VIVA.co.id – Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tak mau ketinggalan unjuk gigi di Indonesia International Motor Show (IIMS), yang digelar 7-17 April 2016. Dalam pameran yang terletak di Hall C, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, ini, mereka memajang 13 koleksi mobil antik yang masih sangat terawat.

Bentuk Boleh Klasik, Tapi Mesin Canggih dan Bebas Emisi

Dari semuanya, yang paling menarik perhatian adalah mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno. Pernah menjadi saksi sejarah dari kesibukan presiden RI pertama, mobil yang saat ini dimiliki oleh salah satu kolektor asal Indonesia tersebut merupakan buatan Rusia, yakni ZiL 111.

"Banyak yang tidak tahu dengan asal-usul mobil ini. Biasanya, mereka hanya tahu mobil milik Soekarno itu buatan Amerika Serikat, yang dirawat negara kita. Mobil ini adalah saksi bisu mengenai sejarah negara kita, dan saat ini dimiliki oleh seorang kolektor di sini," ujar Ketua DKI Jakarta Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Cecil B Silanu, Senin 11 April 2016.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Cecil menjelaskan, bila kondisi mobil tersebut saat ini masih orisinal, alias tidak ada perubahan pada warna, mesin dan interior.

"Mobil ini masih orisinal, tidak ada perubahan. Saat ini, mobil memang tidak bisa jalan. Tapi, memang pernah jalan pada saat dimiliki sang kolektor. Mungkin belum diperbaiki saja. Kita bawa ke sini dengan menggunakan towing (derek)," jelasnya.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Sebagai informasi, ZiL 111 merupakan mobil yang diproduksi pada 1950-an. Memiliki desain bodi mobil limusin yang khas, ZiL 111 menggendong mesin delapan silinder berkapasitas 6.000cc, yang dikombinasikan dengan sistem transmisi dua percepatan otomatis. (one)

Ford Thunderbird

Mengintip Mobil Kenangan Mendiang Prince

Ford Thunderbird menjadi mobil paling dikenang.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2016