Yamaha Pamer Penghemat Bensin NMAX di IIMS 2016

Pengunjung memadati stan Yamaha di IIMS 2016.
Sumber :
  • Dok: Yamaha

VIVA.co.id – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 tidak hanya diramaikan oleh produsen kendaraan beroda empat saja, namun juga beberapa pabrikan sepeda motor.

Punya Motor Berteknologi ABS? Perhatikan Dahulu Hal Ini

Salah satu produsen motor yang hadir pada acara ini adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Bertempat di Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta, Yamaha memamerkan beberapa unit terbaru mereka.

Salah satu motor yang menyita perhatian pengunjung adalah NMAX. Skuter matik ini bisa dikatakan fenomenal, karena seakan tidak pernah surut permintaannya. Bahkan, konsumen harus rela menunggu untuk bisa membawa pulang motor ini.

Penjualan Yamaha Mio M3 Nyaris Disalip NMAX

Bahkan, Yamaha harus menambah jumlah produksi mereka. Ini akibat tingginya animo masyarakat, sejak pertama kali diluncurkan pada akhir Januari 2015 lalu.

Pada IIMS 2016, meski Yamaha tidak menampilkan NMAX versi baru, namun mereka memajang NMAX dengan bagian mesin semitransparan. Berdasarkan rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin 11 April 2016, ini dilakukan agar pengunjung bisa melihat langsung cara kerja mesin.

Honda Kembali Bicara Penantang Yamaha NMax

Salah satu yang jadi andalan Yamaha pada NMAX adalah penggunaan teknologi variable valve actuation (VVA). Teknologi ini berfungsi untuk memaksimalkan efisiensi pembakaran bahan bakar di dalam silinder mesin.

Cara kerjanya cukup sederhana, yakni dengan mengubah tinggi bukaan katup silinder mesin. Pada mesin konvensional, katup atau klep akan terbuka dengan durasi dan tinggi yang tetap. Efeknya, mesin hanya akan irit pada putaran mesin tertentu saja. Selain itu, tenaga yang dihasilkan juga tidak bisa ditingkatkan.

Pada mesin yang dilengkapi VVA, ada dua tuas yang bertugas untuk membuka katup. Tuas pertama berfungsi saat mesin berputar di bawah 6.000 rotations per minute (RPM), sementara tuas yang satu lagi akan aktif bekerja jika putaran mesin lebih dari 6.000 RPM.

Tuas yang kedua bisa membuka katup lebih tinggi ketimbang yang pertama, sehingga bahan bakar yang masuk ke silinder menjadi lebih banyak. Otomatis ini berpengaruh pada tenaga mesin yang menjadi lebih besar.

Jadi, jika ingin berkendara secara irit, pastikan putaran mesin NMax cukup rendah (tidak ada indikator putaran mesin di motor ini, sehingga pengendara hanya bisa memantau melalui indikator eco). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya