Bersiap Sambut Agya dan Ayla Versi Panjang

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mendaftarkan uji tipe terbaru di situs Kementerian Perindustrian atau tepatnya di Tempat Pendaftaran (TPT) online. Dari sejumlah informasi yang berembus, mobil tersebut merupakan Low Cost and Green Car (LCGC) alias mobil murah ramah lingkungan Agya dan Ayla dengan bentuk panjang alias tujuh penumpang.

Pertama, mobil Daihatsu dengan kode B401RS-GMZFJ berkapasitas mesin 1.2 liter dengan transmisi manual. Mobil itu memiliki tenaga penggerak dua roda. Lalu, didaftarkan pula mobil dengan kode B401RA-GMFQFJ transmisi manual dengan penggerak dua roda.

Orang Kaya Indonesia Sudah Bisa Pesan Mobil James Bond Ini

Mesinnya, masih berkapasitas 1.2 liter. Keduanya didaftarkan pada 12 April 2016. Statusnya saat ini adalah 'P' atau berarti dalam proses.

Yang kedua, PT Astra Daihatsu Motor mendaftarkan dengan merek Toyota, di mana mencantumkan mobil dengan kode B401RA-GMQFJ transmisi manual. Lalu B401RA-GQQFJ transmisi matik, dan B401RA-GQZFJ transmisi matik. Semuanya berpenggerak dua roda dengan kapasitas mesin 1.2 liter.

Mengenai informasi tersebut, Director of Technical and Project Planning Management PT Toyota Motor Manufacturng Indonesia (TMMIN), Yui Hastoro enggan berbicara banyak.

“Tunggu saja tanggal mainnya (Agya dan Ayla tujuh penumpang). Jadi ke mana-kemana nih, ada (bisa disebut) adiknya, kakaknya, saudara dari Avanza. Kalau Daihatsu saya tidak ada urusan,” ujar Yui saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis, 14 April 2016.

Sementara itu, menurut seorang sumber anonim yang tahu persis dengan permasalahan ini, mobil-mobil tersebut memang calon produk baru Daihatsu dan Toyota di Indonesia. Jika benar mobil ini terealisasi, diperkirakan produksi mobil ini akan kembali dilakukan PT ADM, seperti Ayla dan Agya saat ini. Sehingga pantas TMMIN mengaku tak ada urusan dengan Agya dan Ayla versi panjang.

"Mobil ini memang akan meluncur setelah Sienta. Kalau menurut rencana Mei 2016 ini," ujar sumber tersebut kepada VIVA.co.id.

Sienta mesin kecil

Beberapa waktu lalu, TMMIN baru saja meresmikan pabrik baru yang memproduksi mesin bensin alumunium bertipe R-NR berkapasitas 1.3L dan 1.5L. Kode mesin R-NR 1.5L merupakan jantung mekanis yang digunakan untuk Toyota Sienta. Sedangkan untuk R-NR 1.3L, TMMIN belum membeberkan untuk model apa.

“Produk kami itu untuk domestik dan ekspor, salah satunya kemungkinan untuk buat ekspor juga kan. Tapi buat apanya, saya tidak bisa ngomong dulu,” ujar Yui Hastoro.

Keberadaan mesin R-NR 1.3L memang akan dieskpor, tetapi tidak menutup kemungkinan sengaja dipersiapkan untuk varian Sienta versi mesin kecil. (ase)

Toyota Etios Platinum

Toyota Luncurkan Etios, Model Paling Gres

Sedikit mengalami ubahan.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016