Alasan Suzuki Begitu Perkasa di Negeri Hindustan

Suzuki Swift
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id - Jika di Indonesia penjualan kendaraan roda empat masih didominasi Toyota, maka tidak dengan di India. Di negara Hindustan itu, justru mobil-mobil buatan Suzuki yang begitu diburu para konsumen.

Selama lebih dari satu dekade, Maruti Suzuki selalu menjadi yang teratas. Dan sebagai gambaran, di 2015, Suzuki berhasil menguasai 50 persen pasar mobil penumpang di India dengan pendapatan sebesar US$7,6 miliar dan laba bersih US$566,9 juta.

Lalu apa yang menjadi rahasia begitu perkasanya Suzuki di India? Seperti dilansir QZ, Jumat 15 April 2016, fenomena ini tak lepas dari kejelian Suzuki untuk meluncurkan produk-produk mobil mungil di India.

Berbeda dengan Indonesia yang kini tengah gandrung dengan mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV), di India justru lebih menyukai mobil-mobil mungil terutama yang bermesin bensin.

"Kami yakin mobil bensin kecil hanya akan memberikan dampak biaya kecil paling tidak dalam lima tahun ke depan. Sedangkan untuk mobil medium dan besar tentu akan berpengaruh lebih besar (biaya)," tulis pernyataan resmi perusahaan pialang Nomura.

Maruti Suzuki juga semakin pede dengan keputusannya untuk lebih fokus menghadirkan mobil-mobil mungil. Menyusul akan diberlakukannya regulasi emisi dan diperketatnya soal fitur keamanan mobil.

Hegemoni Suzuki Motor Corporation di India dimulai pada 1981 saat menjalin kerja sama dengan pemerintah India. Mereka memulai kerja sama ini dengan memproduksi mobil bensin mungil, Maruti 800. Produk ini langsung meledak dengan mencatat penjualan lebih dari dua juta unit.

Sejak itu, Maruti Suzuki fokus menghadirkan mobil berbahan bakar bensin dengan ukuran mungil. Salah satunya Maruti Alto 800cc yang mampu terjual hingga lebih dari 3 juta unit hingga saat ini.

Rupanya, keputusan Suzuki menghadirkan mobil-mobil berbahan bakar bensin dengan ukuran mungil ini langsung dicontoh para kompetitor. Tengok saja kini Tata Motors, Renault, Ford dan Volkswagen yang juga bermain di segmen ini. (one)

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016