Catat, Cara Ampuh Usir 'Ngantuk' saat Mengemudi

Ilustrasi Mengemudi
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah pengemudi yang mengantuk. Kondisi ini terjadi lantaran pengemudi kelelahan, atau bahkan waktu tidur yang kurang. Tak cuma itu, kantuk biasanya menyergap karena kejenuhan psikologis.

Hantam Busway, Toyota Yaris Terbalik di Pasar Minggu

Namun, apa pun alasannya, rasa kantuk yang terjadi saat mengemudi sama bahayanya dengan mengemudi dengan mabuk. Diketahui, daya pikir manusia akan berkurang serta refleks melambat secara signifikan. Maka jangan heran jika kecelakaan banyak terjadi jika situasi seperti demikian.

Untuk menghadapi perjalanan panjang, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menunda terjadinya kantuk. Tips ini akan lebih efektif apabila diterapkakn di luar jam biologis saat kita mengantuk. Berikut seperti dilansir AstraWolrd, Senin, 18 Apri 2016:

Kecelakaan Bus di China Tewaskan 36 Penumpang

1. Hindari musik monoton

Saat kita memainkan musik di dalam mobil, usahakan lagu yang diputar memiliki instrumen yang bervariasi. Jangan memutar lagu yang bergenre terlalu lembut. Hal tersebut dilakukan agar menstimulasi saraf sehingga lebih lama terjaga. Kantuk yang datang karena saraf jarang digunakan dapat membuat badan terasa lelah saat berkendara.

Bus Pariwisata Tabrakan dan Terbakar Habis

2. Istirahat cukup sebelumnya

Merencanakan secara terstruktur jam keberangkatan Anda. Tidurlah sekitar 10 jam sebelumnya jika akan melakukan perjalanan jauh. Dengan melakukan hal tersebut Anda memiliki waktu tidur yang memadai, karena istirahat yang cukup merupakan modal paling utama dan penting untuk menunda kantuk.

3. Kaca mata hitam

Rasa kantuk bisa saja menyerang pengemudi yang melajukan kendaraannya pada siang hari. Hal ini terjadi karena kelelahan mata menerima sengatan matahari. Dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan kaca mata hitam di saat mengemudi pada saat siang hari.

4. Tentukan target jarak

Membagi tanggung jawab dengan kerabat yang bisa mengemudikan mobil dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga rasa kantuk akan berkurang. Sama seperti jika kita bekerja menggunakan target, karena bekerja dengan target dapat membuat kita berkurang rasa lelah yang dimiliki.

5. Minum air putih teratur

Salah satu penyebab kelelahan saat mengemudi karena kekurangan cairan dalam tubuh atau lebih kita kenal dengan dehidrasi. Saat kita mengemudikan mobil dengan Air Conditioner (AC), suhu ruangan saat itu tidak akan membuat Anda merasa haus, namun hal tersebut perlu kita waspadai karena kita tidak mengetahui bahwa kondisi tubuh kita kekurangan air. Hal tersebut berdampak pada kelelahan saat kita berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya