Tiga Penyebab Motor Boros Bensin

Seorang montir tengah melakukan servis sepeda motor.
Sumber :
  • Foto: Dok Astra Motor

VIVA.co.id – Motor dengan konsumsi bahan bakar irit tentunya menjadi idaman bagi banyak orang. Selain lebih ramah terhadap lingkungan, motor irit BBM juga akan lebih aman 'menjaga' kantong pemiliknya.

Daftar Mobil Baru di Bawah Rp100 Juta yang Bensinnya Irit Banget

Banyak cara kemudian ditempuh para pemilik motor agar kendaraan yang digunakan tetap irit. Salah satunya, memburu informasi mengenai apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan agar ‘kuda besinya’ tetap irit bensin.

Dilansir situs resmi Honda, setidaknya ada tiga penyebab motor boros bahan bakar. Apa saja? Berikut ulasannya:

Terpopuler: 6 Mobil Baru Harga Rp100 Jutaan, Ada Diskon Besar di IIMS 2024

Pertama melintas di jalan macet. Secara umum, pengendara yang menempuh kondisi jalan macet akan mengkonsumsi BBM lebih banyak dibandingkan pengendara yang menempuh kondisi jalan lancar. Hal ini disebabkan oleh pembukaan dan penutupan throttle lebih banyak pada jalan macet dibandingkan jalan lancar.

Kedua gaya berkendara. Diketahui, setiap pengendara memiliki gaya dan cara yang berbeda dalam mengendarai motornya. Gaya berkendara yang suka membuka gas mendadak akan mengakibatkan pembuangan bahan bakar yang sia-sia, karena terlalu cepat dibandingkan putaran mesin.

6 Mobil Baru Ini Bakal Dijual Rp100 Jutaan, Ada yang Irit BBM

Agar konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi optimal, disarankan untuk memuntir gas secara perlahan atau stabil.

Ketiga pengaturan mesin. Pengaturan atau yang akrab disebut setting mesin juga dapat berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM pada sepeda motor. Pengaturan yang dimaksud berorientasi pada langkah klep, setelan karburator, jarak renggang busi dan filter udara yang kurang bersih.

Maruti Alto

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Berita yang membahas mengenai mobil irit BBM di bawah Rp100 juta dan Pajero Sport baru sudah di diler, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024