Cara Mudah Cegah Kompon Ban Mengeras

Ban sepeda motor.
Sumber :
  • Motorcyclephillippines

VIVA.co.id – Sebagai satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, ban memegang peranan penting pada sepeda motor.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Karet berbentuk bundar ini harus dirawat secara berkala, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat di perjalanan. Dan bila sudah menipis, maka sebaiknya ban diganti.

Berbicara mengenai ban baru, mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa kekerasan kompon ban berbeda saat baru dibeli dan sesudah dipakai selama beberapa bulan.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Dilansir dari Fdrtire, Selasa 19 April 2016, setiap Anda mengendarai motor, ban mengalami apa yang disebut dengan siklus panas.

Ketika akan memulai perjalanan, ban berada dalam kondisi dingin. Kemudian, sepanjang perjalanan, suhu ban akan naik, sebelum akhirnya kembali turun saat motor diparkir.

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Siklus panas ini terjadi terus-menerus, sehingga setiap kali Anda mengendarai motor secara perlahan, kompon ban akan mengeras.

Reaksi kimia juga bisa menyebabkan kompon ban mengeras. Seperti saat Anda mengendarai motor, ban mungkin bersentuhan dengan cairan yang bisa merusak ban.

Cara penyimpanan ban juga bisa menyebabkan kompon ban mengeras. Simpan ban di tempat teduh, tidak terkena cahaya matahari langsung, dengan ventilasi udara yang baik.

Usahakan agar suhu udara ruangan penyimpanan ban tidak hanya dingin, tapi juga stabil. Dan karena panas bisa menyebabkan kompon ban mengeras, maka sebaiknya parkir di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya