Perkenalkan, Jet Darat Qatar Penantang Lamborghini

Supercar purwarupa dari Qatar Elibriea.
Sumber :
  • CNN

VIVA.co.id – Bagi orang yang bergelimang harta, tak salah memiliki kendaraan mewah. Tak sekadar memenuhi kebutuhan transportasi, mobil mewah juga bisa melengkapi derajat hidupnya.

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Di negara Uni Emirat Arab, terutama di Emirat Dubai dan Emirat Abu Dhabi, mobil mewah berharga fantastis merupakan pemandangan umum dan banyak seliweran di jalan raya. Bahkan kepolisian di sana saja menggunakan mobil mewah seperti Lamborghini untuk patroli.

Tetapi, mobil-mobil mewah yang dipasarkan di daratan Arab kebanyakan diimpor dari Eropa. Kesempatan itulah yang ditangkap matang seorang warga Pakistan bernama Abdul Wahab Ziaullah untuk membuat sebuah ide kreatif merancang mobil mewah untuk dipasarkan di sana.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Gayung bersambut, Ziaullah yang sebelumnya mengenyam pendidikan di Qatar didukung penuh oleh pemerintah setempat. Jadilah mobil yang diberinama Elibriea itu akan menjadi cikal bakal mobil nasional Qatar. Ziaullah sendiri mengaku sukses melakukan pengembangan Elibriea dengan sumber dana riset nasional Qatar. Karena Elibriea terbilang proyek serius, Ziaullah juga kemudian mendapat suntikan dana dari perusahaan lokal Ali Bin Ali Group. Demikian dilansir CNN, Rabu, 20 April 2016.

"Aku memang sangat menggemari melakukan sesuatu dari ide kreatif, khususnya mengembangkan produk. Rasanya mengagumkan apabila apa yang kita kerjakan bisa tercapai meski rumit. Elibriea, merupakan hasil yang indah," kata Ziaullah.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

Ziaullah mengaku pertama kali menggambar sketsa Elibriea, supercar masa depannya, lebih dari satu dekade lalu. Saat itu dia masih duduk di bangku SMA. Kini mimpi yang dianggapnya mustahil dulu berbuah manis, karena purwarupa Elibriea sudah jadi dan siap diluncurkan dalam waktu dekat. Mobil itu nantinya akan bersaing dengan jet-jet darat dari negara Italia yang sudah lama bersinar, seperti Lamborghini, Ferrari, serta mobil jetset dari Inggris McLaren.

Menurut Imad Hashim, Manajer Komunikasi Korporat Ali Bin Ali Group, mobil Elibriea yang dibuat Ziaullah sangat memiliki prospek menggiurkan ke depan. Terlebih saat ini terus dikembangkan dan bakal diproduksi secara profesional.

"Elibriea adalah purwarupa canggih yang kita dapat, kemudian akan dipasarkan dan diproduksi secara profesional. Mobil ini memiliki potensi besar untuk tumbuh. Desainnya sangat futuristik, bahkan saat dipamerkan di pameran otomotif dunia, banyak pengunjung terkesan terhadap mobil made in Qatar ini," kata Imad Hashim kepada Reuters.

Berlian dari daratan Arab ini juga dikatakan Hashim tak akan takut dengan pabrikan yang sudah lama eksis. Kata dia, mobil Elibriea akan menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan.

"Ini adalah konsep yang sangat bagus dan modern. Ini cocok untuk sebuah mobil kecepatan yang populer di sini," ujar Mohamed Attiya, salah seorang yang membantu pengembangan Elibriea kepada Reuters. "Ini perkembangan yang baik dan prestasi bagi negara."

Kini, purwarupa dari Elibriea juga sudah diunggah ke jagad maya serta situs berbagi video Youtube. Reaksi positif pun menyambut mobil tersebut. Mobil ini disebut hadir dengan wajah mengerikan serta kemampuan yang juga mengerikan.

Meskipun demikian, ada pula pihak yang sinis dengan kehadiran Elibriea. Salah satunya seorang penulis yang kerap menulis artikel otomotif di Driven. "Apakah ini mobil sport paling jelek di dunia?"

Penulis itu juga membandingkan Elibriea dengan Lamborghini Veneno. Kata dia, Elibriea merupakan  supercar yang masuk kategori terjelek sepanjang masa.

Sementara Ziaullah menanggapi kritik itu dengan tenang. "Faktanya, ada sekelompok besar orang yang mencintai desain mobil ini. Itu cukup bagi saya untuk mengejar pada tahap pengembangan. Saya berharap mobil konsep ini akan menarik perhatian pembeli supercar lain (Lamborghini dan Ferrari). Kami siap menggulung mereka ke pasar akhir tahun ini," kata dia optimis.

Elibriea dibekali dapur pacu V8. Ziaullah mengatakan jika mobil ini dapat meledakkan tenaga 525 horse power. Soal spesifikasi lainnya, masih menjadi rahasia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya