Inilah 5 Inovasi Paling Beken Motor BMW dari Tahun ke Tahun

BMW G310R saat dipamerkan di Bangkok Motor Show 2016.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id – Kepiawaian BMW tak hanya untuk urusan kendaraan roda empat. Pabrikan otomotif kondang asal Jerman ini juga telah menjadi pelaku industri roda dua yang pantas diperhitungkan.

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

BMW sendiri telah bermain di segmen roda dua sejak era 1920an. Selama itu, beberapa inovasi telah dilahirkan BMW dan tak sedikit akhirnya diikuti produsen-produsen motor lainnya.

Nah, dalam kesempatan ini VIVA.co.id berhasil merangkum lima inovasi paling populer yang telah dilahirkan BMW dan telah ditanamkan pada motor-motornya:

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

1. Nose fairing (1973): BMW R90S

BMW menerapkan inovasi terbarunya nose fairing pada motor R90S. Meski saat itu, inovasi ini dianggap tak lazim, namun kini nose fairing telah sangat melekat pada motor-motor modern terutama yang bergaya sport.

Mobil Rp104 Jutaan Ini Bensinnya 25 Km per Liter

2. Full fairing (1977): R100RS

Setelah menciptakan nose fairing, BMW kembali meluncurkan inovasi terbarunya yakni sebuah sepeda motor dengan gaya full fairing lewat R100RS. Inovasi ini juga telah digunakan beberapa produsen motor hingga saat ini.

3. Pencetus swing-arm tunggal (1980): R80 G/S

Selain menciptakan motor gaya semi tril pertamanya dengan R80 G/S, BMW juga menghadirkan inovasi baru untuk motor yang satu ini. BMW menghadirkan motor dengan gaya swing-arm tunggal untuk kali pertama.

4. Sistem pengereman ABS (1987): K100

Sebelum sistem pengereman ABS populer dan terus berkembang, BMW sebenarnya telah menanamkan inovasi ini sejak lama. K100 menjadi motor pertama yang menggunakan sistem pengereman ABS.

5. Side View Assist (2016): C650

Inovasi ini menjadi yang paling gres dilakukan BMW adalah sistem sensor side view assist yang ditanamkan pada skuternya, C650.Dengan inovasi ini, motor akan mengidentifikasi objek blind spot yang ada di sekitar kendaraan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya