Usir Bau di Dalam Kabin Mobil Pasca Terendam Banjir

Mobil terendam banjir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Bau tak sedap di dalam kabin akan muncul pasca mobil terendam banjir. Hal ini terjadi karena air kotor diserap jok dan karpet.

Nekat Banget, Pengemudi Terjang Banjir Pakai Mobil Listrik Tesla

Jika mobil sempat terendam banjir, sebaiknya kabin segera dibersihkan. Semakin lama menunda membersihkan, akan semakin sulit prosesnya, karena bau dan noda sudah terlanjur melekat dan menempel pada jok dan karpet.

Dilansir dari Astraworld, Kamis 21 April 2016, membersihkan kabin mobil yang pernah terendam banjir perlu dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mobil Terjebak Banjir di Garasi, Penting untuk Lakukan Ini

Berikut ini panduan membersihkan kabin mobil pasca terendam banjir:

Untuk bagian jok mobil, sebelum dibersihkan sebaiknya lepaskan lebih dulu, termasuk sarungnya. Cuci sarung jok menggunakan sikat lembut, lalu sedot dengan vakum dan keringkan.

Sedikitnya 200 Mobil Jadi Korban Banjir di Awal Tahun

Bagian jok mobil juga dibersihkan dengan sikat lembut, agar pori-pori jok terbuka. Setelah jok mobil bersih, vakum dan keringkan di bawah sinar matahari, agar kering hingga ke bagian dalamnya.

Kemudian, bersihkan semua karpet dengan mengangkatnya dari dasar lantai mobil. Cuci dengan sikat dengan detergen, agar semua kotoran dan sisa-sisa minyak dapat bersih menyeluruh. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Setelah itu, vakum dan keringkan dengan sempurna, agar tidak lembap saat dipasang kembali. Selagi proses pengeringan karpet, lantai dasar mobil juga dibersihkan, dicuci kemudian dibilas dengan air bersih, agar tidak timbul korosi.

Bagian dalam pintu (doortrim) juga perlu dibersihkan. Caranya, lepas doortrim dengan hati-hati, agar pengunci tidak patah. Kemudian, bersihkan dan pastikan tidak ada air yang tertinggal di dalam doortrim.

Jika pengunci patah saat dilepas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru, agar doortrim tidak kendor dan menimbulkan bunyi saat mobil berjalan.

Setelah semua bagian bersih dan kering, pasang kembali dengan baik, dan semprot pewangi kabin jika diperlukan.

Jika dirasa terlalu memakan waktu, Anda dapat menyerahkan pengerjaannya pada tempat cuci mobil.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya