Perawatan Istimewa Mobil Antipeluru Jokowi

Mobil kepresidenan dikawal Paspampres.
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id – Semua pejabat tinggi di berbagai negara pasti mendapat fasilitas mobil kelas wahid untuk perjalanan dinas mereka. Demikian juga halnya dengan Presiden RI Joko Widodo. Mewah, nyaman, memiliki kecepatan tinggi serta tingkat keamanan mumpuni, menjadi syarat utama tunggangan orang nomor satu di Tanah Air itu.

Viral Pria Berpeci Hitam Adang Mobil Jokowi di Binjai

Menurut Manager External Communication Mercedes-Benz Indonesia, Ananta Wisesa, mobil dinas yang digunakan Presiden Jokowi merupakan peninggalan presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal itu dipastikan lantaran pemesanan unit baru untuk Jokowi tidak dilakukan setelah pengumuman resmi mantan gubernur DKI Jakarta itu menjadi presiden.

"Setahu saya mobil yang digunakan Pak Jokowi sama dengan yang digunakan Pak SBY. Karena pemesanan belum ada lagi," kata Ananta Wisesa kepada VIVA.co.id, di Kuningan, Jakarta, Kamis, 21 April 2016.

Momen Ibu-Ibu Lempar Kertas ke Jokowi Tapi Gagal, Ternyata Isinya Begini

Artinya, mobil dinas yang digunakan Jokowi yakni Mercedes-Benz S600L model W221. Meski demikian, mobil itu diketahui memiliki beragam keunggulan ketimbang kendaraan pada umumnya yang seliweran di jalan raya. Sebab, mobil dinas Jokowi memiliki kemampuan anti-peluru sebagai perlindungan standar.

Namun demikian, Ananta enggan memberikan spesifikasi keamanan secara detail terkait ketangguhan mobil dinas yang setia menemani Jokowi beraktivitas.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

"Tentunya mobil yang digunakan untuk kepala negara itu memiliki standar (keamanan). Kalau hal ini kita tidak bisa share, karena terkait dengan orang nomor satu di suatu negara. Untuk spesifikasi tentunya kepala negara beda-beda, karena masing-masing negara memiliki standar keamanan tersendiri. Spesifikasi rinci tidak bisa saya bilang," kata Ananta.

Saat disinggung mengenai perawatannya, Ananta menyatakan jika perlakuan terhadap mobil tersebut terbilang cukup istimewa. Servis mobil tersebut dilakukan rutin dengan mendatangkan teknisi ahli.

"Servis dan perawatan tentunya di kantor Ciputat. Mobil pengawal dan kepala negara biasanya di sana, tergantung perawatannya. Kalau agak berat tentunya harus dibawa ke Ciputat, kalau ringan bisa teknisi datang," kata Ananta.

Mobil itu memang dibuat khusus dan didatangkan langsung dari Jerman. Sama seperti halnya kendaraan pengawal presiden dengan merek yang sama model berbeda. "Hanya satu-satunya di sini (mobil presiden). Kami bangga juga bila kepala negara menggunakan mobil kami, salah satunya di Indonesia," ujar Ananta.

Selanjutnya...Intip kecanggihan mobil Jokowi

Kecanggihan mobil Jokowi

Apa yang dikatakan pihak Mercedes-Benz Indonesia sepertinya benar adanya. Sebab, jika merunut pernyataan Jokowi saat menemui beberapa relawan di Kelapa Gading dan Ancol Jakarta Utara, Sabtu 23 Agustus lalu, mobil yang ia gunakan merupakan peninggalan SBY. "Iya, itu mobil (Mercedes Benz) lama. Yang kita naiki tadi mobil tahun 2008," kata dia.

Kendati demikian, Joko Widodo mengaku menggunakan Mercedes-Benz bukan karena kenyamanan yang ditawarkan. Namun, lantaran ingin mengikuti prosedur yang ada dan sudah ditetapkan. "Kalau saya nyaman pakai apa saja. Mau pakai becak nyaman, pakai bajaj juga nyaman. Pakai Kijang nyaman, pakai Mercy nyaman. Ini kan standar keamanan," katanya.

Meski pun buatan tahun 2008, namun rupanya Mercy tersebut tidak kalah canggih dengan Cadilac One milik Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Dilansir situs Autoblog, mobil yang dikendarai Jokowi merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7 yang tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari ledakan.

Mobil yang digunakan Joko Widodo mengadopsi perlindungan VR9. Perlindungan tersebut yakni, dapat menahan tiga tembakan dari senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperti M16, dan 357 Magnum.

Mercedes-Benz ini disebutkan juga dapat memberikan perlindungan tahan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya. Selain pertahanan senjata, S600 tersebut juga menawarkan langkah-langkah keamanan lebih lanjut, seperti lapisan polikarbonat pada seluruh kacanya agar tidak pecah dan dapat melukai penumpang.

Fitur keamanan tambahan termasuk ban run-flat, tangki bahan bakar 90L, dan sistem pemadam kebakaran otomatis.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjustable doorhold yang digunakan di keempat pintu, serta tirai belakang listrik. Bicara kecepatan, mobil pabrikan Jerman ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab, memiliki kecepatan puncak 210 kilometer per jam dengan GVW 4.200 kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya