Produksi Mobil di Amerika Terganggu Akibat Gempa Jepang

General Motors
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Gempa bumi yang melanda Jepang beberapa waktu lalu tidak hanya berdampak pada terhentinya produksi kendaraan di negara itu. Amerika Serikat (AS) juga kebagian getahnya.

Wuling Percaya MPV Murahnya Bakal Populer di Indonesia

Dilansir dari Autoevolution, Minggu 24 April 2016, pabrikan mobil asal AS, General Motors (GM), mengumumkan bahwa mereka menghentikan sementara produksi kendaraan di empat pabrik mereka.

Pabrik yang dimaksud ada di wilayah Tennessee, Ohio, Kansas, dan satu lagi di Kanada. Keempat pabrik ini memproduksi kendaraan Buick LaCrosse dan Regal, Cadillac XTS dan XT5, Chevrolet Cruze, Impala, Malibu, Equinox, serta GMC Acadia.

Gempa Kumamoto Kuras Duit Jepang hingga Rp554,4 Triliun

Alasan penutupan pabrik adalah karena terhentinya pasokan suku cadang dari penyedia mereka yang ada di Jepang. Namun, GM memastikan, penghentian sementara ini tidak akan memengaruhi target penjualan mereka selama tahun ini.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, gempa yang terjadi di Kumamoto, Jepang, berkekuatan hingga 7 Skala Richter (SK). Akibat gempa ini, puluhan orang tewas dan ribuan orang terluka.

Mobil Paling 'Cantik' Ini Harus Rela Setop Produksi

Gempa juga membuat beberapa pabrik otomotif besar, seperti Toyota, Nissan dan Mitsubishi, harus menutup sementara pabrik mereka. Bahkan, pabrik motor Honda juga mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa memproduksi beberapa moge hingga waktu yang belum ditentukan.

Tidak hanya pabrik mobil dan motor, beberapa perusahaan penyedia suku cadang juga mengalami masalah karena bangunan tempat mereka membuat suku cadang rusak.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya