Berburu Knalpot Gahar Rp300 Ribuan di Kebon Jeruk

Ragam knalpot aftermarket di Kebon Jeruk, Jakarta.
Sumber :
  • FOTO: Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Knalpot merupakan salah satu perangkat pada sepeda motor yang berfungsi untuk meningkatkan performa. Selain itu, knalpot juga berfungsi mendukung penampilan.

Foto Modifikasi Keren, Harley-Davidson Bergaya Yakuza

Di pasaran, knalpot racing menjadi pilihan bagi sebagian biker yang ingin tunggangannya bersuara sangar. Beragam produk lahir untuk memanjakan konsumen. Setidaknya, salah satu tempat yang bisa dijadikan rujukan adalah Jalan Kebon Jeruk 3, Jakarta Barat.

Menurut Rifaai, salah seorang penggawa HNS Moto Part yang buka usaha di tempat tersebut, beragam jenis knalpot racing tersedia di sana. Sebut saja untuk motor sport, bebek, hingga jenis skuter matik. Beragam produk baik lokal maupun dari luar dijajakan para pedagang.

Pengen Modif tapi Uang Mepet? Limbah Moge Jadi Solusi

"Knalpot racing biasanya dipilih karena bukan hanya soal penampilan atau akselerasi yang didapat. Di sini, suara knalpot dari beragam merek juga punya ciri khas masing-masing. Kalau yang tak suka tidak terlalu bising, bisa pakai knalpot tipe silent," kata Rifaai kepada VIVA.co.id, Selasa, 26 April 2106.

Merek knalpot aftermarket murah meriah seharga ratusan ribu rupiah juga sangat mudah dijumpai di tempat ini. Bedanya, kebanyakan knalpot aftermarket murah merupakan racikan lokal. Tetapi sebenarnya, kata Rifaai, kualitas tak terlalu jauh dengan knalpot-knalpot buatan luar negeri dengan merek ternama.

Jagoan Modifikasi Moge Bicara Mengenai Tren Saat Ini

"Biasanya yang memiliki harga terjangkau itu adalah produksi lokal, kalau yang dari luar pasti harganya lebih mahal. Ragam knalpot yang dijual di Kebon Jeruk rata-rata mulai dari Rp300 ribu hingga Rp7 jutaan," ujarnya.

Harga mahal umumnya berbeda dari bahan yang digunakan, jenis motor, hingga kelebihan alias diferensiasi dari knalpot tersebut. "(Knalpot) Motor sport itu lebih mahal. Kalau untuk matik sama bebek itu biasanya memang lebih murah, mulai dari Rp300 ribu. Kalau untuk sport itu seperti Kawasaki Ninja bisa sampai Rp7 jutaan. Tapi memang balik lagi bahan juga yang digunakan. Kalau harganya mahal tentu saja bahan yang digunakan juga bagus. Biasanya juga berpengaruh pada bunyi knalpot dan tarikan motor.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya