Di ASEAN, Indonesia Peringkat Atas Penjualan Mobil

IIMS 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Meski banyak yang mengatakan bahwa Indonesia masih dilanda krisis ekonomi, namun nyatanya penjualan mobil di Tanah Air selalu moncer.

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

Berdasarkan data yang dilansir dari Paultan, Rabu 27 April 2016, Indonesia masih menjadi negara yang paling tinggi soal penjualan mobil, di antara negara-negara lain yang ada di Asia Tenggara.

Menurut data tersebut, jumlah warga Indonesia yang membeli mobil setiap tahun tidak kurang dari satu juta orang. Sementara, Thailand yang ada di peringkat kedua, mulai turun ke angka ratusan ribu unit sejak 2014 lalu.

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

Di peringkat ketiga ada Malaysia, yang penjualan mobilnya bisa dibilang tidak banyak berubah dari angka 600 ribuan unit setiap tahun.

Namun, jika dibandingkan dengan jualan kendaraan di Indonesia pada triwulan pertama 2015, jumlah yang dicapai pada triwulan pertama 2016 turun sebanyak 5,3 persen. Thailand dan Malaysia juga bernasib sama, bahkan angkanya lebih besar.

Mobil Rp104 Jutaan Ini Bensinnya 25 Km per Liter

Malaysia menjadi negara di Asia Tenggara yang paling banyak mengalami penurunan, yakni 22 persen (triwulan pertama 2015 dibandingkan dengan triwulan pertama 2016).

Padahal, pemerintah Malaysia sudah berusaha menaikkan penjualan dengan cara memberi insentif pada model-model tertentu.

Di Malaysia memang saat ini berlaku aturan bahwa semua mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar irit akan mendapat insentif dari pemerintah.

Sekedar gambaran, mobil BMW produksi Malaysia yang memenuhi syarat soal irit bahan bakar, dijual dengan harga lebih murah hingga ratusan juta rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya