Alarm Mobil Rusak, Berapa Biaya untuk Ganti Baru?

Alarm mobil.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Demi alasan keamanan, mobil-mobil saat ini telah dilengkapi dengan sistem alarm. Namun, secanggih apa pun alarm mobil, tetap saja perangkat ini bisa sewaktu-waktu tidak berfungsi dengan baik.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Menurut teknisi spesialis alarm Andi Motor, Gofur, Banyak faktor yang memengaruhi tidak berfungsinya alarm. Namun, yang sering dialami yakni karena sistem kelistrikan mati atau komponen relay bermasalah.

Gofur juga menuturkan, permasalahan lain yang mengakibatkan alarm mati yaitu karena sinyal remote mengalami gangguan, atau bisa juga remote terkena air sehingga menimbulkan hubungan pendek.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Hal ini sering kali membuat pemilik mobil panik, apalagi jika terjadi di tempat parkir umum. Namun, jika tidak tahu cara mengatasinya, disarankan jangan gegabah. Sebab, jika salah melakukan tindakan, mobil justru mengalami masalah lainnya.

"Periksa saja dahulu, siapa tahu bisa diperbaiki. Sebab, kerusakan alarm umumnya terjadi pada mobil yang usianya lebih dari lima tahun," ungkap Gofur saat ditemui VIVA.co.id di Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu 27 April 2016.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Ia menuturkan, jika memang alarm tidak berfungsi dengan baik, tentu hal yang perlu dilakukan adalah mengganti unit alarm dengan yang baru.

Soal harga, seperangkat alarm yang didatangkan dari China dan Taiwan, termasuk biaya pemasangan, biasanya dijual sebesar Rp400-650 ribu. ?Harga setiap alarm berbeda-beda, tergantung jenis mobil.

"Biasanya, yang mahal-mahal itu mobil buatan Eropa, karena memang rumit untuk memasangnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya