Buntut Skandal Data Keiritan BBM, Dua Bos Mitsubishi Mundur?

Pimpinan Mitsubishi Motors Corp ramai-ramai minta maaf di depan media massa.
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVA.co.id – Menyusul kasus yang tengah membelit perusahaan otomotif asal Jepang Mitsubishi, dua pimpinan Mitsubishi Motors Corporation dikabarkan bakal mengundurkan diri dari jabatannya. Sinyalemen itu disampaikan Chairman and Chief Executive Officer Osamu Masuko di salah satu kesempatan.

Mitsubishi Minicab MiEV Diuji Coba 4 Perusahaan Indonesia

Menurut pemberitaan media harian Jepang Yomiuri yang kemudian dilansir Reuters, Rabu, 27 April 2016, Osamu Masuko sudah menyatakan niatannya itu kepada beberapa diler afiliasi Mitsubishi di Jepang. Dia juga dikabarkan telah menyampaikan niatannya ke sejumlah perusahaan pemasok komponen.

Di kesempatan terpisah, media harian Jepang lainnya Mainichi menyatakan jika President and Chief Operating Officer Testuro Aikawa telah memutuskan untuk mundur. Langkah itu dilakukan menyusul kasus skandal penipuan keiritan konsumsi bahan bakar terhadap empat produknya yang dibuat untuk Nissan. Meski kabar begitu santer, namun hingga kini Mitsubishi masih belum berkomentar terkait pengunduran diri dua bos Mitsubishi itu.

Spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross yang Setop Dijual di Indonesia

Sementara itu, Wakil Presiden Mitsubishi Motors Corporation Ryugo Nakao menyatakan telah melakukan praktik curang dalam hal test keiritan bahan bakar minyak sejak 1991. Artinya, mereka sudah melakukan ini selama 25 tahun.

Meski tidak mengungkapkan lebih jauh soal kasus tersebut, namun tidak lama setelah berita buruk itu diumumkan, saham MMC kembali anjlok 10 persen. Jika dihitung dari awal mula kasus ini terungkap, maka harga saham MMC kini hanya 50 persen saja nilainya. Ini tentu menjadi pukulan telak bagi pabrikan tersebut.

Mobil Mitsubishi Ini Sudah Tidak Dijual di Indonesia?

Apalagi, ada kemungkinan Mitsubishi Group tidak akan mau lagi membantu MMC keluar dari masalah yang tengah menerpa. Sebelumnya, MMC sudah dua kali mendapat nama buruk akibat kasus yang berbeda.

Saat ini, sebuah tim khusus yang baru saja dibentuk MMC sedang mencari tahu semua hal mengenai skandal ini, mulai dari kapan persisnya kecurangan ini dilakukan serta model apa saja yang dipalsukan konsumsi BBM-nya.

Mitsubishi Pajero Sport di Jakarta Auto Week 2022.

Siap-siap Dapat Kejutan saat Beli Mobil Mitsubishi

Mitsubishi tebar promo selama gelaran Jakarta Auto Week 2022, baik untuk Xpander maupun Pajero Sport.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022