Berapa Biaya Pasang Spion Elektrik di Mobil?

Kaca spion
Sumber :
  • williamcronon.net

VIVA.co.id – Kaca spion wajib dipasang pada semua kendaraan, baik motor maupun mobil. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menampilkan situasi belakang kendaraan, sehingga pengemudi bisa melakukan manuver tanpa takut menabrak kendaraan lain.

Alasan Logis Mengapa Spion Bawaan Pabrik Selalu Berukuran Lebar

Saat ini, ada dua jenis kaca spion yang ada di mobil, manual dan elektrik. Pihak produsen sengaja memasang spion manual pada beberapa tipe, agar harga jual mobil tetap kompetitif.

Namun, soal pengoperasian, tentu kaca spion elektrik lebih unggul. Menurut pemilik toko aksesori mobil Dynasty Motor, Hennei, dengan menggunakan spion elektrik, pengemudi mobil tidak perlu repot menjulurkan tangan saat hendak mengatur posisi kaca spion sebelah kiri, sehingga lebih aman dan nyaman.

Garansi Motor Hangus Jika Kaca Spion Dilepas

Hennei juga mengatakan, pemilik mobil bisa saja mengubah kaca spion manual menjadi elektrik. Nantinya, kaca spion lama dilepas beserta dudukannya, kemudian diganti dengan kaca spion yang sudah dilengkapi dengan motor listrik.

“Harganya bervariasi, tapi biasanya sekitar Rp1,6 juta,” ucap Hennei saat berbincang dengan VIVA.co.id di Duta Mas Fatmawati lantai 1 No 24, Jakarta Selatan, Kamis, 28 April 2016.

Waspada, Maling Incar Spion Mobil yang Parkir di Garasi

Menurut Hennei, harga yang diterapkan tersebut sudah termasuk pemasangan. Ia juga mewanti-wanti, ada kaca spion elektrik yang ditawarkan dengan harga lebih murah, namun kualitasnya tidak bisa dijamin.

(mus)

Kaca spion

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Kadang timbul masalah yakni dengan adanya bercak putih, yang berasal dari bekas air hujan kerap menjadi masalah di kaca spion

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2022