Trik Mudah Agar Kaca Mobil Tidak Baret-baret

Wiper mobil.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id – Sebagian pengendara mengeluhkan kaca mobil yang baret-baret. Kondisi tersebut tentu membuat rasa percaya diri saat berkendara berkurang. Selain itu, jarak pandang akan sedikit terganggu karena banyaknya baretan di kaca mobil bagian depan. Apalagi jika mengemudikannya saat malam hari. Berisiko.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Kaca baret umumnya terjadi karena perlakuan yang kurang tepat dalam perawatan kendaraan. Berikut beberapa langkah mudah agar kaca depan mobil Anda tidak baret dan terjaga kejernihannya, seperti dilansir AstraWolrd, Senin, 2 Mei 2016.

1. Rutin membersihkan kaca mobil

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Debu yang menempel dapat menambah gesekan saat wiper bergerak dan mengakibatkan baret pada permukaan kaca mobil. Bersihkan kaca mobil secara berkala, minimal seminggu sekali, bersamaan dengan mencuci mobil. Setelah dicuci, keringkan menggunakan kain lap berdaya serap tinggi (chamois) sehingga tidak tersisa titik-titik air di kaca mobil.

2. Pastikan tangki air wiper selalu terisi

Mengapa Wiper Mobil di Indonesia Arahnya ke Kanan?

Agar gerakan wiper tidak merusak kaca, harus ada air yang melancarkan gerakan wiper. Jika air hujan tidak ada atau kurang, pastikan air untuk disemprotkan tersedia di tangki wiper. Air wiper juga berfungsi meluruhkan debu dan kotoran yang menempel di kaca, yang kemudian disapu dan dibersihkan wiper.

3. Ganti karet wiper secara berkala

Karet wiper yang aus, selain tidak sempurna menyapu air di kaca, juga dapat membuat kaca baret. Hal ini bisa terjadi pada karet wiper yang dilengkapi tulang berupa lempengan besi. Jika karet terlipat atau koyak, maka bagian tulang yang akan bersentuhan dengan kaca.

Lakukan langkah-langkah tersebut di atas agar tampilan kaca mobil tetap bening dan jernih sehingga pengemudi dapat melihat kondisi di luar mobil dengan jelas. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya