Intip Spesifikasi Mobil Murah Terbaru Toyota

Mobil LCGC Toyota, Agya.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kabar PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek Toyota di Tanah Air, akan menghadirkan mobil baru yang masuk kategori low cost green car (LCGC), sudah ramai diperbincangkan di dunia maya.

Mau Beli Mobil LCGC Terfavorit, Ini Daftarnya

Kabar tersebut muncul, saat Daihatsu mendaftarkan beberapa mobil baru dengan kode yang mirip dengan mobil LCGC mereka. Selain itu, Daihatsu juga mendaftarkan beberapa kode dengan nama Toyota.

Fakta bahwa Daihatsu merakit beberapa mobil Toyota sudah menjadi rahasia umum. Mobil-mobil Toyota buatan Daihatsu yang beredar di Indonesia saat ini di antaranya Agya, Avanza dan Rush.

Mobil Terlaris Daihatsu bukan MPV atau SUV

Tentu saja, Daihatsu merakit sesuai dengan spesifikasi yang diberikan Toyota. Sehingga ada perbedaan dengan produk milik Daihatsu, seperti Ayla, Xenia dan Terios.

Dan kini, berdasarkan penelusuran VIVA.co.id pada laman Kementerian Perindustrian, Senin 2 Mei 2016, ada dua kode mobil baru Toyota (produksi Daihatsu) yang izin perakitannya sudah selesai.

Pesaing Datsun Go+ Dites Jalan, Harga Murah Banget

Dua kode yang dimaksud adalah B401RA-GQZFJ (4X2) A/T dan B401RA-GQQFJ (4X2) A/T. Kode awal B401RA yang digunakan mirip dengan produk Agya saat pertama didaftarkan, sehingga besar kemungkinan dua kode ini mengacu pada mobil LCGC baru Toyota.

Diketahui, dua mobil ini akan memakai mesin dengan kapasitas 1.197cc, mirip dengan yang dipakai LCGC terbaru Daihatsu. Sayangnya, belum diketahui apakah dua pabrikan ini akan memakai mesin yang sama, mengingat kini saham Daihatsu sudah resmi dimiliki Toyota.

Fakta kedua yang didapat adalah dua mobil anyar Toyota ini menggunakan transmisi otomatis (A/T). Namun, belum diketahui teknologi yang bakal diusung, apakah teknologi lama atau continuous variable transmission (CVT).

Terakhir, diperoleh data bahwa B401RA-GQZFJ akan diproduksi sebanyak 21 ribu unit, sementara B401RA-GQQFJ sebanyak 9.000unit.

Berdasarkan isu yang beredar, ada kemungkinan mobil LCGC terbaru Daihatsu dan Toyota mampu menampung tujuh penumpang. Saat ini, satu-satunya LCGC tujuh penumpang yang ditawarkan adalah buatan Datsun, yaitu GO+. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya