Modifikasi Rp10 Juta, Honda Mega Pro Brutal dari Borneo

Honda Mega Pro dimodifikasi bergaya Chopper.
Sumber :
  • Rendra Saputra/VIVAcoid

VIVA.co.id – Tak ada yang mengira sebelumnya, jika motor bergaya chopper ini ternyata dibangun dari sebuah Honda Mega Pro lawas. Modifikasinya tampak apik, detil dan eksentrik, namun fungsional.

Keren, Dharman Bikin Motor Chopper dari Barang Bekas

Mega Pro ala chopper ini sepenuhnya hasil garapan tiga builder yang bernaung di bawah nama Death Pistons Garage, asal Samarinda, Kalimantan Timur.

Menurut Denny Dinata, pemilik bengkel modifikasi kenamaan di Kota Tepian itu, motor tersebut memang dirombak total atas ide jahil pemiliknya, yang ingin kuda besinya terlihat ‘nakal’ di jalanan.

Juara di Palembang, Chopper Ini Mirip Motor Jokowi

"Ini motor memang kita garap secara istimewa. Cuma butuh 10 hari. Motor ini kita beri nama Blue Mecal. Mecal dalam bahasa sini artinya nakal," kata Denny saat ditemui di acara Unity Pitstop, di Stadion Madya, Sempaja, Samarinda, Minggu 8 Mei 2016.

Kata Denny, Blue Mecal digarap sedemikian rupa tanpa mengabaikan unsur keamanan. Sebab, motor ini juga akan digunakan pemiliknya untuk beraktivitas sehari-hari.

Ketika Postur Kurus Jokowi Naik Moge Dipersoalkan

"Pemilik minta, motor ini bagaimana caranya dibuat terlihat ‘nakal’. Tetapi, kita sedikit redam dengan kelir biru, agar ‘nakalnya’ enggak terlalu kelihatan banget," kata dia.

Bicara soal spesifikasi, sapuan modifikasi kental pada sekujur tubuh motor. Jika diamati, hanya tersisa mesin bawaan pabrik yang menempel di Blue Mecal.

Sebut saja kaki-kaki dengan pengaplikasian ban besar Swallow berukuran 450-17. Jika motor chopper identik ban depan lebih besar, motor ini tidak, karena ukuran ban depan dan belakang sama.

Tangki sengaja dibikin minimalis, agar kesan kaki-kaki besar tampak kentara. Termasuk pengaplikasian lampu depan model retro dengan ukuran kecil. Sejumlah aksesori, kata Denny, dibuat sendiri.

"Untuk memperkuat kesan jika motor ini buatan Borneo, kita beri sentuhan motif Dayak. Kalau soal biaya modifikasi, total habiskan dana Rp10 juta," jelasnya.

Lantaran tergolong istimewa, Blue Mecal juga dihadirkan di kenduri akbar biker se-Kalimantan. Motor yang tampil di stan khusus itu sukses menyedot perhatian ribuan biker yang hadir dalam acara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya