Google Gandeng Fiat-Chrysler Bikin Mobil Otonom

Chrysler Pacifica.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id – Setelah gagal menjalin kerja sama dengan pabrikan asal Jerman, kini Google bisa berlega hati, karena rencana proyek mobil otonom mereka dapat terus berjalan.

Bercinta di Belakang Kemudi Mobil Robot Dianggap Lumrah

Seperti dilansir dari Carscoops, Senin 9 Mei 2016, Google akhirnya resmi bermitra dengan Fiat-Chrsyler Automotive (FCA), untuk membuat mobil yang dapat melaju tanpa perlu bantuan pengemudi.

Hal tersebut, diungkapkan bos FCA Sergio Marchionne, saat menghadiri proses perakitan Chrysler Pacifica edisi 2017 pertama. Mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) itu yang akan dijadikan sebagai basis pengembangan mobil otonom FCA-Google.

Mobil Robot Muncul, Seks di Balik Kemudi Bakal Nge-tren

“Fase pertama dari proyek ini sudah jelas arahnya. Yakni, bagaimana caranya membawa teknologi rancangan Google ke dalam mobil MPV. Apa yang akan dihasilkan dari kerja sama ini? Tunggu saja,” ujar Sergio.

FCA dikabarkan berusaha untuk menjalin kerja sama dengan pikiran terbuka. Artinya, mereka tidak akan terpaku pada satu tujuan khusus saja, namun lebih pada pengembangan teknologi otonom secara global.

Fiat Chrysler Tertarik Bikin Mobil Robot

FCA akan merakit 100 Pacifica edisi khusus, yang sudah dibekali dengan teknologi otonom di dalamnya. 100 mobil ini akan diserahkan ke Google untuk diuji.

Namun, Sergio enggan berkomentar soal kerahasiaan data pengguna kendaraan yang bakal dimanfaatkan oleh Google.

Data pengguna inilah yang membuat Google gagal menjalin kerja sama dengan Mercedes-Benz dan BMW. Bagi dua pabrikan otomotif tersebut, data pelanggan tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan apapun. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya