Cara Lacak Mobil Hilang Pakai GPS Tracker

Perangkat GPS di kendaraan.
Sumber :
  • Electronic How

VIVA.co.id – Modus pelaku pencurian mobil semakin beragam dan berkembang, mulai dari cara konvensional hingga menggunakan teknologi tinggi. Para pelaku kejahatan punya berbagai cara untuk bisa mendapat target operasinya. Terkadang mobil-mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi anti-pencurian masih tetap bisa mereka gasak.

Navigasi GPS, Membantu tapi Kadang Bikin Nyasar

Namun bila Anda masih merasa kurang, Anda bisa memasang beberapa perlengkapan anti-maling. Anda bisa memilih menggunakan kunci ganda serta kunci setir.

Ada pula salah satu cara paling efektif, yakni memasang tracker pada mobil Anda. Kini banyak pencuri yang berusaha membobol mobil Anda dengan cara memecahkan kaca tanpa suara menggunakan busi. Hal itu tentu di luar kendali pemilik kendaraan meski berbagai perlengkapan anti-maling diaplikasikan.

Agar Tak Ditilang, Ketahui Cara Gunakan GPS saat Berkendara

Ada juga kejadian di mana sinyal remote tidak berfungsi karena dikacaukan menggunakan radio jamming atau alat khusus yang dipegang si maling.

Dilansir situs resmi Toyota, Selasa, 10 Mei 2016, satu solusi lainnya yang bisa digunakan adalah melengkapi kendaraan dengan Global Positioning System (GPS). GPS berfungsi untuk memungkinkan pengemudi mengetahui di mana posisi kendaraan melalui perangkat tertentu secara lebih akurat.

GPS Rakitan China Mulai Tak Dilirik, Kenapa?

Dengan memasang tracker ini, Anda tidak akan kehilangan jejak kendaraan Anda ketika dicuri orang yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, teknologi canggih kini memungkinkan Anda untuk mematikan mobil hanya dengan menggunakan telepon.

Cara gunakan GPS tracker

Manfaat GPS tracker mobil yakni dapat melacak kendaraan yang dipasangi alat tersebut. GPS tracker berguna misalnya mobil yang sudah terpasang alat tersebut dipinjam atau dibawa orang, termasuk dicuri, pemilik mobil bisa mengetahui lokasi mobil itu berada.

Cara melacaknya bisa menggunakan telepon seluler, bisa juga menggunakan internet. Kalau menggunakan HP, pemilik mobil harus mengirim SMS dengan format tertentu ke nomor yang dipasang pada GPS tracker mobil. setelah SMS terkirim, tunggu balasan dari GPS tracker mobil, balasannya berupa link atau koordinat peta.

Link atau koordinat bisa dibuka dengan HP yang sudah mendukung aplikasi peta atau map, lebih sempurna jika dibuka dengan HP pintar seperti android atau iPhone. Setelah dibuka, akan ada pin warna merah di map yang menunjukkan lokasi mobil tersebut.

Jika kita melacak menggunakan internet, kita harus masuk ke situs pelacakannya dengan username dan password. Di dalam situs pelacakan, banyak fitur yang memudahkan melacak dan monitor serta laporan laporan penting lainnya.

Di Indonesia, produk GPS tracker mobil yang beredar modelnya sangat beragam, jenis, serta mereknya. Harganya juga bermacam-macam, ada yang murah, ada yang sedang, dan tentu ada yang mahal. Semua tergantung merek dan kualitasnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya