Panduan Bikin Gaul Beat dan Mio dengan Anggaran Murah

Modifikasi Honda Beat.
Sumber :
  • vnexpress

VIVA.co.id – Skuter matik saat ini merupakan jenis kendaraan sepeda motor yang tengah populer di Indonesia. Hal ini, karena motor jenis tersebut mudah dalam pengoperasiannya. Namun, karena jumlah populasinya yang membeludak, tentu ada sebagian pengendara yang ingin menyulap tunggangannya berbeda ketimbang motor lainnya yang seliweran di jalan raya.

Modifikasi Suzuki Satria 120R, Kerempeng tapi Buas

Sejumlah skutik yang kerap dimodifikasi adalah Honda Beat dan Yamaha Mio. Dua model ini diketahui merupakan beberapa produk motor terlaris di Indonesia.

Menurut Aliong, pedagang aksesori sepeda motor di Otista, Jakarta Timur, kebanyakan biker yang ingin menyulap skutiknya datang dari kalangan anak muda. Dengan motor yang berbeda, mereka mengaku rasa percaya dirinya di jalanan menjadi tinggi, dan modal gaul untuk sekadar nongkrong bersama rekan-rekannya.

Motor Seram Asal Indonesia Bakal Bikin Geger Jepang

Kata Aliong, banyak anak muda saat ini tengah menggandrungi pelek jari-jari dengan ban cacing alias tipis.

"Umumnya, kalau anak muda ingin motornya tampil ngejreng dan unik. Untuk paket modifikasi full, cukup rogoh kocek Rp2 juta," kata Aliong, penggawa Panca Jaya, toko aksesori motor di Otista kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Mei 2016.

Custom Motor Paling Gila Racikan Pria Purwokerto

Uang Rp2 juta, rinciannya terdiri dari paket pelek jari-jari ukuran 14 inci, termasuk bannya dengan banderol Rp900 ribuan sampai Rp1 juta. Lalu, handle rem dengan merek kenamaan kisaran harga Rp85 ribu.

Selain itu, anggaran tersebut juga sudah termasuk dengan lampu LED flash dengan banderol Rp185 - Rp200 ribu, kualitas baik. Karena gunakan pelek jari-jari, tentu wajib menebus teromol baru model variasi yang banyak dijual dengan harga Rp320 ribu.

"Nah, untuk shockbreaker variasi merek YSS, harganya Rp290 ribu untuk Yamaha Mio dan Rp300 ribu untuk Honda Beat," kata Aliong.

Dana paket modifikasi Rp2 juta tentu bisa diminimkan, tergantung bagian mana saja yang hendak dicantoli pada motor kesayangan. Jika tak punya uang, tentu bisa membeli secara perlahan, produk mana dahulu yang ingin dipasang.

Jika ingin performa makin gahar di jalanan, bisa melirik knalpot variasi dengan berbagai model dan merek yang mudah ditemukan di pasaran. "Kalau anggaran Rp2 juta, belum termasuk sama knalpot. Kalau knalpot variasi itu mulai dari Rp750 ribuan sampai jutaan, tergantung kemauan konsumen saja. Tetapi, untuk knalpot saat ini jarang yang mencari, karena sudah dilarang sama polisi kan," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya