Mobil Perdana Esemka Berjenis Pikap, Daihatsu Terancam?

Daihatsu Gran Max pikap.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA.co.id – Kehadiran mobil nasional terus menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Bahkan, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), produsen otomotif dengan merek Esemka, tahun ini siap meluncurkan secara perdana mobil berjenis pikap.

4 Mobil Baru Daihatsu Muncul di Indonesia, All New Gran Max?

Hadirnya mobil pikap Esemka rupanya tidak dipermasalahkan sejumlah perusahaan mobil Jepang, salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Diketahui, saat ini Daihatsu masih menjadi market leader penjualan mobil pikap melalui model Gran Max.

Bahkan, menurut Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandara, hadirnya pendatang baru justru akan menambah pilihan konsumen dalam membeli mobil pikap.

Mobil Sayur Ini Semakin Cemerlang

“Biasa saja, itu normal-normal saja. Jadi ada kompetisi,” kata Amel saat ditemui di kawasan Sunter, Jakarta, Selasa 10 Mei 2016.

Selain Esemka, Amelia juga menyambut positif kedatangan pabrikan mobil asal Tiongkok, Wuling, yang rencananya juga akan menghadirkan mobil pikap di Indonesia.

Bukan Xenia Atau Sigra, Ini Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2021

Berdasarkan data yang diperoleh VIVA.co.id, penjualan Daihatsu secara whole sales (pabrik ke diler) antara Januari-April 2016 paling banyak disumbangkan Gran Max, yang mencapai 20.708 unit atau 36,4 persen.

Angka tersebut disumbangkan oleh Gran Max pikap sebesar 15.622 unit atau 27,5 persen, dan Gran Max minibus 5.086 unit atau 8,9 persen.

Hal serupa juga terjadi pada penjualan retail sales. Gran Max mampu menyumbangkan penjualan 19.871 unit atau 34,6 persen, terbagi menjadi model pikap 15.108 unit atau 26,3 persen, dan model minibus 4.763 unit atau 8,3 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya