Bikin Motor Kinclong dan Hapus Karat dengan Sandblasting

Yamaha RX King.
Sumber :
  • www.modifmotor.com

VIVA.co.id – Bagi pencinta motor-motor antik, acap kali mengeluhkan kondisi mesin dan kaki-kaki seperti swingarm yang sudah terlihat kurang menarik. Sebab, banyak tumpukan oli dan kotoran yang sangat melekat dan pastinya sulit untuk dihilangkan. Tetapi, jangan galau, sebab kini ada teknik sandblasting yang ditawarkan Iron Work di Bekasi.

Rahasia Pabrikan Bikin Awet Ban Mobil, Jarang yang Tahu

Seperti diketahui, sandbalsting berguna untuk membersihkan karat, bekas oli, garam, dan kotoran lainnya yang sifatnya sangat melekat. Hanya dengan menyemprotkan partikel pasir pada permukaan logam tersebut, semua masalah bakal hilang. Teknik ini bahkan digunakan untuk membersihkan kapal laut dari korosi.  

"Caranya cukup menyemprotkan partikel blusting pada permukaan logam, seperti mesin, swingarm dan lain-lain. Langkah pertama dry blusting (teknik kering) terlebih dahulu, setelah itu fapor blusting sebagai langkah akhir untuk penyempurnaan blasting (teknik basah)," ujar Setio Widayanto, juragan Iron Work kepada VIVA.co.id.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Selain itu, blasting yang bisa dikatakan sebagai pengganti cat ini memiliki beragam jenis bahan pokok. "Jenis pertikelnya memang berbeda-beda, bukan hanya pasir saja, ada glashbead, pasir silika, steelgread, dan steelshoot. Macam-macam bahan tersebut yang menentukan halus dan kasarnya permukaan logam setelah di-blusting. Tergantung selera konsumen juga sih," katanya.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/11/5732f07e17f48-alat-alat-untuk-melakukan-sandblasting_663_382.jpg

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Nah, harga yang ditawarkan juga bervariasi. Harga termurah yakni Rp450 ribu. "Kami patok harga mulai dari Rp450 ribu untuk mesin motor dengan kapasitas di bawah 250cc. Kalau di atas 250cc  hanya Rp600 ribu. Kalau untuk suku cadang kecil seperti foot step dan swing arm, jelas lebih murah. Untuk proses pengerjaannya tergantung banyaknya orderan, paling lama sekira seminggu," kata dia.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/11/5732f1da7d1f0-teknik-sandblasting_663_382.jpg

Laporan: Jeffry Yanto/VIVA.co.id

 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya