Kawasaki Z250SL Masih Diskon Gede-gedean?

Kawasaki Z250.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merek motor Kawasaki di Tanah Air beberapa waktu lalu memberikan diskon alias rabat besar-besaran pada model Z250SL. Tak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan sebesar Rp10 juta. Diskon diberikan saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, yang diigelar awal April lalu.

Cikal Bakal Wujud Kawasaki Z250 Terbaru Terungkap

Tetapi, diskon yang dicantoli pada kuda besi itu berlaku untuk model Anti-lock Braking System (ABS) yang memiliki harga jual Rp47,8 juta on the road Jakarta.

Lantas, masihkah diskon besar itu diberlakukan? VIVA.co.id mencoba mencari tahu ke sejumlah diler Kawasaki di Jakarta. Hasilnya, nihil. Rupanya, diskon istimewa itu hanya berlaku sesaat.

Kawasaki Motor Indonesia Akan Pamerkan Seluruh Line Up di IMOS 2018

"Z250SL enggak ada diskon lagi seperti di IIMS kemarin. Kita sekarang pakai harga biasa saja sesuai ketentuan pasar," kata salah seorang pegawai diler Kawasaki di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis, 12 Mei 2016.

Menurutnya, penjualan model itu memang tak semoncer model Ninja dua-tak, yang saat ini sudah tak lagi diproduksi karena terganjal aturan emisi gas buang. Faktor lainnya yang dianggap membuat Z250SL tak moncer, yakni banyaknya kompetitor yang mulai bermain di segmen ini, sport fairing seperempat liter.

Motor Kawasaki Ini Dijual Hanya Rp32 Jutaan, Masih Gres

"Persaingan di industri motor sekarang sudah ketat, selain itu kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang bikin daya beli masyarakat menurun," kata dia.

Sebelumnya, Z250SL memang didiskon gede. VIVA.co.id sempat mendapatkan keterangan jelas dari seorang wiraniaga Kawasaki di IIMS, JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Wiraniaga itu bernama Mifta.

"Diskonnya Rp10 juta, itu untuk Z250SL ABS. Kalau harga aslinya Rp47,8 juta on the road Jakarta. Sementara yang non-ABS kami jual Rp41,5 juta," ujarnya.

Ada satu hal lagi yang patut menjadi catatan. Model Z250 SL yang dirabat dengan potongan harga tinggi itu, kata dia, adalah motor rakitan 2014. "Kalau yang tahun sekarang potongannya cuma Rp1,5 juta. Didiskon besar karena stoknya masih banyak," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya