Hapus Noda Aspal di Bodi Mobil Pakai Minyak Tanah

Noda aspal pada bodi mobil
Sumber :
  • ahzura

VIVA.co.id – Kondisi jalan dengan kualitas aspal yang kurang baik dapat membawa dampak buruk pada eksterior mobil. Percikan aspal yang mengelupas seringkali menempel di bagian bawah bodi atau pelek mobil, dan menimbulkan noda. Bintik-bintik hitam aspal kalau dibiarkan dalam waktu lama tentu akan merusak keindahan eksterior mobil yang kita miliki.

Mobil Mitsubishi Lancer Pakai Kelir Hitam Paling Gelap di Dunia

Dilansir AstraWorld, agar tampilan mobil tetap bersih dan menarik, sebaiknya lakukan pembersihan noda aspal secara rutin. Untuk menghilangkan noda aspal dari bodi mobil, sebaiknya jangan mencuci mobil dengan menggosok berulang-ulang pada bagian yang terdapat noda aspalnya tanpa menggunakan cairan khusus.

Membersihkan noda aspal dapat menggunakan tar remover atau minyak tanah. Kedua cairan tersebut tidak akan membuat cat mobil kusam atau mengelupas asalkan proses pembersihan dilakukan dengan benar. Hindari menggunakan tiner (cairan campuran cat) untuk menghilangkan titik-titik aspal pada mobil.

Pasang Anti Karat untuk Mobil, Segini Kisaran Biayanya

Proses pembersihan aspal dari eksterior mobil cukup mudah dan sederhana. Siapkan alat dan bahan pembersih, yakni kain halus yang bersih, kuas, dan tar remover atau minyak tanah. Setelah semua alat dan bahan siap, awali dengan membersihkan bodi atau pelek mobil dari noda aspal dengan air lalu keringkan.

Setelah itu, semprotkan atau oleskan cairan tar remover atau minyak tanah pada bagian yang terdapat noda aspal. Diamkan sekira lima menit agar cairan tersebut bekerja. Setelah lima menit, biasanya aspal akan melunak. Kemudian lanjutan proses pembersihan dengan mengangkat aspal yang melunak menggunakan kain halus.

Ingat-ingat Lagi, Ini Untungnya Mobil Dicat Oven

Apabila masih ada sisa aspal yang tertinggal, ulangi proses yang sama untuk mengangkat percikan aspal, sampai benar-benar bersih. Untuk proses akhir, cuci kembali bodi mobil menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil, bilas sampai bersih, lalu keringkan. Sebaiknya segera lakukan pembersihan noda aspal di bodi dan pelek mobil agar noda lebih mudah dibersihkan.

Ilustrasi cat mobil

Permintaan Cat Mobil Meningkat Gara-gara Ini

Tren modifikasi yang berkembang menjadi pendorong bisnis cat otomotif.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2022