Jangan Sepelekan Tradisi Ganti Oli, Ini Bahayanya

Sumber :
  • http://sidomi.com

VIVA.co.id – Oli mesin sangat dibutuhkan kendaraan roda dua atau empat. Oli menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan kendaraan. Sebab, dengan adanya oli, mesin tidak akan cepat aus dan meningkatkan performa kendaraan.

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Oleh sebab itu, rutin lah dalam mengganti oli kendaraan Anda supaya tidak mengeluarkan biaya lebih untuk membetulkan akibat dari oli jarang diganti. Kalau oli tidak diganti dalam jangka lama, akibatnya bisa fatal.

Salah seorang mekanik di bengkel Expo Motor menjelaskan bahaya yang didapatkan apabila telat mengganti oli kendaraan.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

"Pertama, kemampuan oli yang ada di dalam mesin membuat mesin dapat bekerja dengan baik. Kalau lama belum diganti akan turun (mesin) dan bisa merugikan mesin," katanya di bengkel Expo Motor, Jumat 13 Mei 2016.

Kedua, temperatur mesin akan cepat panas, sehingga bisa membuat mesin cepat rusak. Ia menambahkan, efek dari telat ganti oli ini justru akan membuat biaya perbaikan dan perawatan membengkak. Sebab, konsumen harus merogoh kocek lumayan dalam untuk memperbaiki mesin motor yang rusak akibat jarang ganti oli.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

"Jika biaya yang harus dikeluarkan karena motor rusak sangatlah beragam, Rp700 ribu sampai Rp1,2 jutaan. Tergantung kerusakannya, kalau turun mesin bisa lumayan mahal. Mulai ganti ring seher, rante keteng, stang seher, itu lumayan mahal. Makanya harus sering ganti oli rutin sesuai aturan dari produsen," katanya.

Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024