Mitos Sering Ganti Merek Oli Bikin Jebol Mesin, Benarkah?

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id –  Banyak pengguna sepeda motor dan mobil yang masih sering gonta ganti pelumas dengan merek oli yang berbeda-beda. Bahkan, ada mitos yang mengatakan hal tersebut dapat membuat mesin kendaraan cepat rusak. Nah, benarkah mitos tersebut?

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Untuk menjawab apakah mitos itu benar atau tidak, berikut ini penjelasan dari teknisi bengkel Expo Motor, Iwan. Ia menjelaskan, oli motor yang sering berganti merek dapat menimbulkan efek pada mesin. Tetapi, efeknya hanya kecil dan tidak parah.

“Kalau ganti merek, biasanya mesin ada yang cocok dengan oli tertentu. Terus diganti, ya paling hanya aus aja mesinnya.  Selain itu, tarikannya jadi terasa berkurang. Itu aja paling, tetapi enggak sampai bikin mesin rusak parah banget,” katanya saat ditemui, Jumat 13 Mei 2016

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Tetapi, Iwan tetap menyarankan kepada para pengendara untuk tidak sering mengganti-ganti merek oli, karena tiap merek oli memiliki molekul dan kekentalan yang berbeda-beda.

"Gini deh, saran saya jangan sering ganti-ganti merek oli. Karena, tiap oli punya jenis kekentalan yang berbeda-beda. Kalau sering ganti, takutnya, karena beda merek dan spesifikasi akan berpengaruh pada mesin ke depannya," ujarnya.

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

Sementara itu, ditemui ditempat lain,Aryo, pemilik bengkel Aryo Motor menjelaskan untuk tidak sering mengganti merek oli supaya tidak ribet dan yang paling penting harus cek ke bengkel untuk memastikan kondisi motor.

"Lebih baik jangan sering ganti-ganti merek oli, lagian ribet kalau sering ganti oli, yang penting itu pas ganti oli harus bersih dari oli sebelumnya dan sering ke bengkel untuk cek supaya awet," katanya. (asp)

Kotak P3K di mobil

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda dapat membantu diri sendiri dan orang lain dalam situasi darurat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024