Arti Tiga Warna Lampu Indikator di Mobil, Jarang yang Tahu

Panel indikator pada mobil.
Sumber :

VIVA.co.id – Sejatinya, kendaraan bermotor pasti dibekali berbagai indikator di bagian dasbor. Di sana, ada lampu indikator yang berfungsi memberi informasi penting tentang kondisi mobil saat itu. Namun, tak semua orang tahu arti dari lampu tersebut.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Lampu indikator telah didesain dengan tampilan yang mudah untuk dipahami. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang warna lampu indikator yang sebaiknya diketahui oleh para pengemudi, seperti dilansir situs resmi Toyota, Senin, 16 Mei 2016.

Indikator adalah lambang atau lampu yang terletak pada panel instrumen dasbor mobil memberi petunjuk ketika terjadi gangguan dalam mobil. Tujuannya agar segera ditangani dan diantisipasi. Jika diabaikan, tentu fatal.

Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

Biasanya lampu indikator memiliki tiga jenis warna yaitu, hijau, kuning dan merah, seperti lampu lalu lintas. Warna yang berbeda memiliki tingkat perhatian yang berbeda. Seperti halnya lampu lalu lintas, lampu indikator berwarna hijau menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.

Sementara warna kuning menandakan ada beberapa hal atau kondisi yang membutuhkan perhatian dari pengemudi. Sama halnya dengan lampu lalu lintas berwarna kuning, pengecekan atau pun sekadar peringatan untuk berhati-hati menandakan lampu indikator dengan warna ini. Petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi untuk tetap berkendara.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Sedangkan lampu indikator berwarna merah, menandakan kondisi yang cukup genting. Ini menandakan sebuah peringatan yang mendesak dan dapat berakibat fatal bagi mobil Anda. Jika warna merah terlihat pada indikator mobil Anda, maka lebih baik untuk segera berhenti dan secepatnya mengecek serta menyelesaikan masalah pada kendaraan Anda.

(mus)

Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024