Daihatsu Kembali Geser Penjualan Honda di Indonesia

Mobil-mobil Daihatsu.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Daihatsu selama ini dikenal sebagai merek kendaraan roda empat terlaris kedua di Indonesia. Namun, kedigdayaan Daihatsu di Indonesia sempat direcoki pabrikan mobil Honda, yang menyalip selama tiga bulan berturut-turut.

Para Pemilik Daihatsu Rocky, Gran Max dan Luxio Perlu Baca Ini

Kini, Daihatsu rupanya kembali mendapuk tradisi nomor dua dan berhasil merebutnya kembali dari Honda. Setidaknya, fakta ini terlihat dari data penjualan yang disampaikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), per April 2016.

Memasuki bulan ke empat tahun ini, Daihatsu berhasil kembali ke posisi kedua dengan penjualan sebanyak 14.402 unit. Sedangkan Honda yang berada di posisi ketiga, berhasil mengukuhkan penjualan sebanyak 14.384 unit. Memang terbilang tipis.

Mobil yang Diproduksi di Indonesia Ternyata Laku di 75 Negara

Di bulan Maret 2016, Honda berhasil berada di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 20.475 unit. Sementara Daihatsu berhasil mengukuhkan penjualan sebanyak 14.504 di bulan yang sama.

Melihat penjualan tersebut, Daihatsu masih seimbang menjual kendaraannya meski mengalami penurunan. Berbeda dengan Honda yang mengalami penurunan cukup jauh karena selisih penurunan penjualan di bulan Maret ke April mencapai 6.091 unit.

49 Persen Mobil yang Diekspor RI Berasal dari Pabrik Ini

Kontribusi Honda saat ini datang dari mobil baru mereka, BR-V, yang menyumbang penjualan tertinggi setelah berhasil mengukuhkan penjualan 4.536 unit. Selain Honda BR-V, kontribusi signifikan juga datang dari Honda Mobilio, Honda Jazz, dan Honda HR-V.

Sepanjang April 2016, Honda Mobilio berhasil menyumbang penjualan sebesar 4.374 unit, sedangkan untuk Honda Jazz mendulang 2.406 unit dan Honda HR-V 2.276 unit.

Sementara Daihatsu, hingga kini belum keluar data rincian kontribusi penjualan dari masing-masing produk. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya