Penyebab Motor Boros Bensin

Pengendara servis sepeda motor matiknya.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Motor dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) irit saat ini tengah diminati masyarakat di Tanah Air. Selain lebih ramah terhadap lingkungan, motor irit BBM juga lebih aman 'menjaga' kantong pemiliknya.

Cara Mudah Bikin Motor Matik Irit Bensin

Banyak cara ditempuh para pemilik motor agar kendaraan yang digunakannya tetap irit. Seperti dikatakan Acin, penggawa Bengkel Aneka Mitra, yang terletak di Jakarta Barat. Menurutnya, sedikitnya ada lima hal yang perlu diperhatikan, umumnya menjadi 'biang kerok' motor boros bahan bakar.

Berikut lima faktor motor boros bahan bakar:

7 Cara Ampuh agar Mobil Irit Bahan Bakar

1. Karburator

Kebersihan bahan bakar saat sudah terdistribusi ke SPBU tak dapat terjamin kebersihannya, sehingga mungkin saja apabila bensin yang terisi ke tangki motor bercampur dengan kotoran. Kotoran ini lah yang akan membuat kinerja karborator menjadi kurang maksimal dan berimbas pada pembakaran yang kurang baik.

Beberapa Mitos Penghematan BBM yang Salah Besar

2. Klep bocor

Penyetelan klep motor itu sangat dibutuhkan, karena klep adalah salah satu penyebab untuk boros bensin, kalau klep sampai bocor, akan menyebabkan boros bensin pada kendaraan bermotor.

3. Kekencangan rantai

Rantai yang kendur biasanya membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda akan terhambat, sehingga menyebabkan tarikan semakin berat dan membutuhkan tenaga yang lebih besar. Biasanya dengan kecepatan yang sama, tenaga yang lebih besar harus diberikan, hal inilah yang membuat konsumsi bensin jadi lebih banyak.

4. Tuas gas tidak lancar

Bila tuas atau kabel gas tidak lancar (seret) saat ditarik, pergerakan skep di karburator juga  akan terhambat, sehingga saat tuas gas ditarik dan dilepas, skep tidak bekerja sempurna karena kecepatannya terhambat oleh kawat yang seret karena kotor.

5. Perilaku pengendara

Jika si pengendara melakukan aksi agresif di jalan dan kerap bermanuver dengan kecepatan tinggi hal itu akan memengaruhi konsumsi bahan bakar, sehingga perilaku saat berkendara juga perlu diperhatikan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya