Trik Mudah Bikin Rantai Motor Tetap Awet

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Merawat rantai motor adalah salah satu syarat agar kendaraan kesayangan dapat tetap melaju di jalan raya secara optimal. Hal itu beralasan, sebab rantai merupakan salah satu elemen vital bagi sepeda motor.

Bodi Motor Rusak dan Patah, Ini Biaya Memperbaikinya

Penggawa Aneka Mitra Bengkel yang terletak di Jakarta Barat, Acin, mengatakan bila melakukan pengecekan terhadap rantai motor sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kata dia, hal yang menjadi syarat wajib agar kondisi rantai awet adalah mengecek kondisinya secara rutin, apakah kendur atau tidak.

"Lalu rutin juga berikan pelumas buat rantai. Sebab, banyak pemilik sepeda motor yang sering kali malas untuk melumasi rantai motornya dengan pelumas khusus. Padahal, rantai sering kali mengalami karat apabila tidak dirawat dengan benar," kata dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 17 Mei 2016.

Keuntungan Macet Buat Kendaraan, Jarang Kita Sadari

Selanjutnya, pemilik motor dengan penggerak rantai juga wajib mengatur ketepatan jarak rantai dan tutupnya. Pastikan pula kedua-duanya di posisi yang tepat. Sehingga, tidak ada gesekan dari rantai ke penutup. Sebab, apabila terjadi gesekan, rantai maupun penutupnya akan cepat rusak.

Yang tak kalah penting agar rantai tetap awet, bersihkan gear secara berkala agar kerjanya tetap maksimal. "Satu lagi, jangan potong rantai lebih dari satu kali, karena daya kerja rantai akan kurang maksimal," kata dia.

Tips Jitu Hilangkan Karat pada Knalpot Tanpa Ribet
Cuci motor. Ilustrasi.

Catat, Beberapa Penyebab Cat Motor Gampang Kusam

Hal ini tentu banyak yang tak menyadarinya.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2016